Kunjungan Studi Komparasi Pemerintah Kabupaten Tangerang

Malang – Kamis (19/04) Bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang, Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Drs. Supriyadi M.Pd menerima kedatangan rombongan Kunjungan Kerja Pemerintah Kabupaten Tangerang. Rombongan tamu berjumlah 48 dipimpin oleh Dr. H. Hery Haryanto, M.Si Asisten Pemerintah dan Kesra Kabupaten Tangerang.

Dalam sambutan Pjs Walikota yang dibacakan oleh Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Drs. Supriyadi M.Pd menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanggerang yang telah mempercayai Kota Malang sebagai tujuan dari kegiatan studi banding.

Persoalan sampah di Kota Malang yang mencapai kurang lebih 600 ton perhari ditangani secara sistematis. Kota Malang mempunyai kepastian hukum, kejelasan tanggung jawab dan kewenangan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan. Ada banyak strategi dalam menghadapi persoalan sampah seperti program pembentukan BSM (bank sampah malang), kader lingkungan dan berbagai pelatihan di tempat pengolahan sampah terpadu yang muaranya membuat kota malang mempunyai lingkungan bersih serta nyaman setiap harinya.

“Kota Malang juga mempunyai Sistem 4R, yaitu Reduce (mengurangi); Reuse (memakai kembali); Recycle (mendaur ulang); Replace (mengganti). Selain itu pemanfaatan gas metana di TPA supiturang juga sudah dinikmati oleh 408 KK warga sekitar TPA, sebagai pengganti bahan bakar. Sekarang baru termanfaatkan sekitar 5% dari potensi gas metana yang ada di TPA Supiturang . Bukan hanya itu Kota Malang juga Melakukan pembangunan TPA baru seluas 15 hektar, dengan daya tampung kurang lebih 500 ton sampah per-hari dan memiliki masa waktu 6 sampai dengan 7 tahun” Tegas Supriyadi.

Selanjutnya ketua rombongan Kabupaten Tanggerang, Dr. H. Hery Haryanto, M.Si mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan.”di Kabupaten Tanggerang ini dijuluki sebagai kota industri yang sangat berdampak besar terhadap lingkungan hidup yang ada di Kabupaten Tanggerang Maka dari itu kami kesini untuk melakukan studi tiru agar Kabupaten Tangerang bisa menjadi seperti Kota Malang ” ujar Hery.

Acara dilanjutkan dengan penukaran cindera mata dan Observasi ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang. (Akm/Tvn).

 

Posted in: April 2018, Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment