Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Kunjungan Komisi A DPRD Kotawaringin Barat dalam Rangka Menyusun Ranperda

Malang – Jumat (23/2) Pemerintah Kota Malang menerima kunjungan kerja Komisi A DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat yang dipimpin oleh Sekretaris Komisi A DPRD Kotawaringin Barat, Ruslam Amirudin dan diterima langsung oleh Staf Ahli Pemerintah Kota Malang, Drs. Mulyono, M.Si dalam rangka menyusun Ranperda soal gemar membaca bagi anak-anak Kabupaten Kotawaringin Barat yang bertempat di ruang palapa Balaikota Malang.

Dalam rapat tersebut Mulyono memaparkan mengenai ruang lingkup perpustakaan dan juga strategi khusus yang dapat menumbuhkan minat gemar membaca di kalangan masyarakat. “Perpustakaan di Kota Malang terhitung Tahun 2017 memiliki koleksi 108.000 judul buku. Adapun jam buka pelayanan di perpustakaan setiap hari mulai pukul 09.00-20.00 WIB. Saat ini perpustakaan menjadi keunggulan bagi Kota Malang yang diiringi dengan bertambahnya minat gemar membaca masyarakat di Kota Malang. Pemerintah Kota Malang memang memiliki strategi jebakan khusus diantaranya yaitu program taman bermain bagi anak-anak yang tersedia di perpustakaan, serta ada pula mobil keliling buku bacaan yang setiap hari senin-kamis berada di sekolah-sekolah dan LP dan hari sabtu-minggu berada di alun-alun dan taman kota.” jelas Mulyono.

Minat gemar membaca harus dimulai sejak dini terutama pada lingkungan keluarga, diharapkan para orang tua dapat turut andil untuk gemar membaca karena orang tua adalah panutan bagi anaknya. Gerakan Gemar Membaca ini dapat mendorong tumbuhnya minat gemar membaca di lingkungan masyarakat terutama bagi anak-anak. Selanjutnya, barulah Perda itu disusun sebagai aturan untuk menumbuhkan minat baca bagi anak yang sebenarnya hanya menjadi formalitas.

Pemerintah Kota Malang berharap kunker ini akan lebih mempererat hubungan kerjasama antara Pemerintah Kota Malang dengan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, serta ide-ide yang telah dipaparkan dapat tersalurkan dengan baik sehingga Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat dapat merealisasikannya. Kunker ini di akhiri dengan penyerahan cindera mata dan foto bersama. (shf/akm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *