Peduli Penerus Bangsa, Menteri Pendidikan dan Walikota Malang Hadiri Festival Anak Muslim SD Insan Amanah

Malang – Tepat pada hari Minggu, 11 Februari 2018, Menteri Pendidikan dan Walikota Malang juga menyempatkan diri untuk menghadiri acara Festival Anak Muslim yang bertempat di SD Insan Amanah, Griyashanta Soekarno-Hatta Malang. Acara yang diselenggarakan rutin setiap dua tahun sekali ini cukup menyedot perhatian masyarakat, pasalnya acara tersebut dihadiri oleh Bapak Menteri Pendidikan beserta Walikota Malang. Hal ini tentu mengundang antusiasme masyarakat. Festival tersebut diawali dengan kegiatan Jalan Sehat yang dimulai pukul 06.00, serta diramaikan dengan performance Siswa-Siswi SD Insan Amanah. Acara tersebut melibatkan 700 orang peseta didik, orangtua murid, guru serta staff karyawan. Tak ketinggalan juga, masyarakat sekitar juga turut ambil bagian dalam meramaikan acara ini.

Antusiasme masyarakat terlihat jelas pada saat kedatangan Bapak Menteri dan juga Walikota Malang. Dalam sambutannya, Walikota menekankan pentingnya partisipasi orangtua dan guru dalam pendidikan serta pengembangan karakter murid, khususnya bagi siswa Sekolah Dasar. “Pendidikan itu tidak hanya disekolah, pendidikan juga harus dibangun melalui orangtua.” ujarnya.

Laki-laki yang akrab disapa Abah Anton ini juga menghimbau kepada setiap orangtua untuk menjadi pengajar bagi anak-anaknya, terutama dalam perkembangan moral dan karakter anak. “Orangtua itu merupakan kunci dari keberhasilan anak, oleh karena itu penting bagi setiap orangtua untuk menjadi guru bagi anak-anaknya, tidak cukup kalau bergantung dengan pengajar di SD Insan Amanah ini.” tambahnya

Hal serupa juga disampaikan oleh Prof.Dr.Muhadjir Effendy, M.pd sekaligus membuka acara Festival Anak Muslim tersebut. Dalam kesempatan ini, Menteri Pendidikan tersebut menyampaikan rasa bangga dan terimakasih terhadap kualitas pendidikan yang sangat baik di Kota Malang, salah satunya di SD Insan Amanah. Hal tersebut terlihat dari pengembangan soft skill melalui ekstrakulikuler yang ditampilkan dalam acara ini. “Kota Malang ini termasuk kota dengan pendidikan terbaik, hal tersebut tidak terlepas dari peran Walikota yang taat azaz dan peraturan serta kebijakan-kebijakan, khususnya dibidang pendidikan.” tandasnya.

Beliau juga menyampaikan betapa pentingnya orangtua mengetahui minat dan bakat anak. “Sekolah hanya meneruskan nilai-nilai yang ditanamkan dari keluarga, oleh karena itu penting bagi orangtua mengenali bakat dari anak.” tambahnya.

Kemeriahan Festival Anak ini merupakan bukti keberhasilan pemerintah dalam dunia pendidikan. Motivasi yang disampaikan oleh Bapak Menteri dan juga Walikota tentu menjadi semangat tersendiri bagi setiap tenaga pendidik dan orangtua murid dalam mencetak generasi penerus yag berkualitas, berakhlak dan berbudi luhur. Semoga dengan adanya kegiatan rutin tersebut semakin memacu kualitas pendidikan, bukan hanya untuk SD Insan Amanah melainkan instansi pendidikan lain di Kota Malang.(sd/mfh)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment