Canangkan GISA Guna Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Malang – Walikota Malang, H. Moch Anton pada hari Senin (12/02) melakukan apel pagi yang dirangkai dengan pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) bagi Karyawan/Karyawati Pemerintah Kota Malang serta para undangan di lingkungan Balai Kota Malang.
Kegiatan diawali dgn laporan kepala dinas kependudukan dan catatan sipil kota malang, Enny Hari Sutiarny. Dalam laporannya, Enny menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah mempunyai peran besar dalam mensukseskan GISA terutama Dispendukcapil Daerah; Kecamatan, Kelurahan, serta RW & RT dalam memberikan pelayanan untuk memberikan kesadaran akan betapa pentingnya administrasi kependudukan. Dimana peran pelayanan administrasi kependudukan sudah diwujudkan melalui semboyan yang selalu didengungkan oleh Dukcapil dan jajarannya diseluruh Indonesia yaitu “Dukcapil Bisa, Bisa, Bisa!” dan “Pelayanan yang membahagiakan”

Kemudian dilanjutkan oleh Abah Anton sekaligus peresmian pencanangan GISA di Kota Malang. Abah Anton memaparkan bahwasanya kegiatan ini diadakan mengingat kesadaran masyarakat akan arti penting administrasi kependudukan sejauh ini masih minim “Namun sejauh ini, kesadaran masyarakat untuk memiliki dokumen kependudukan masih tergolong minim. Untuk itu, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI, mencanangkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di pemerintah daerah” ujarnya.
Abah Anton berharap melalui kegiatan pada hari ini kesadaran masyarakat Kota Malang akan arti penting tertib administrasi kependudukan meningkat, sehingga nantinya akan tercipta kelurahan-kelurahan yang sadar administrasi kependudukan.

Ia mengingatkan pula untuk mencapai ideologi ini perlu diimbangi dengan pelayanan yang optimal oleh seluruh organisasi perangkat daerah terkait, utamanya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang yang wajib mampu mengimplementasikan semboyan “Dukcapil bisa dan pelayanan yang membahagiakan”. Salah satunya dengan melakukan launching mobil pelayanan keliling Dispendukcapil Kota Malang pada hari ini.
Sejalan dengan hal dimaksud, beliau berharap GISA dapat segera disosialisasikan kepada masyarakat Kota Malang, dengan harapan tujuan dari gerakan ini benar-benar tercapai. (mnc/nbl).

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment