Bantuan Dana Bergulir Berbunga Ringan Mampu Wujudkan Kesejahteraan UMKM

Malang – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pemerintah Kota Malang pada hari Jumat pagi (9/2) mengadakan “Sosialisasi Akses Permodalan Lembaga Pengelola Dana Bergulir bagi Koperasi dan Usaha Mikro di Kota Malang” tepatnya di Ballroom Hotel Gajah Mada Graha.

Acara ini dihadiri oleh puluhan anggota koperasi dan pemilik UMKM serta Kepala Dinas Koperasi dan UM Kota Malang, Dra. Triwidyani Pangastuti, MSi, yang dibuka oleh perwakilan Walikota Malang, Drs. Wasto SH, MH selaku Sekda Kota Malang.
Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta Koperasi merupakan langkah yang strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian masyarakat, khususnya melalui akses permodalan bagi kelompok usaha kecil dan menengah guna mengurangi kesenjangan dan tingkat kemiskinan.

Salah satu cara yang diterapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan akses pinjaman/pembiayaan bagi KUMKM agar dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas dari pelaku ekonomi; sekaligus meningkat-kan pelayanan Pemerintah kepada masyarakat dalam rangka memajukan sektor usaha produktif, peningkatan lapangan usaha dan lapangan kerja; maka diberikan stimulus modal dengan bunga ringan kepada Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) dalam bentuk dana bergulir. Untuk itu, Kementerian Koperasi Dan UKM membentuk badan layanan umum yaitu Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM).

“Semoga melalui kegiatan ini para pelaku KUMKM dapat memahami materi yang diberikan narasumber, dan nantinya diharapkan dapat memperoleh Bantuan Dana Bergulir Berbunga Ringan sebagai modal usaha, sehingga dengan langkah yang demikian, diharapkan eksistensi KUMKM, benar-benar mampu mewujudkan peningkatan kesejahteraan anggota, masyarakat dan perekonomian Kota Malang.”, tandas Wasto. (Shf/Mnc)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment