PITI Malang Raya Jaga Semangat Cheng Ho

Malang, 21 Januari 2018 berlokasi di gedung Hakka, menandai dialihkannya nahkoda DPD PITI Malang Raya dari Abah Anton kepada Dr. dr. H. Sugiharta Tandya, SpPK. Prosesi pengukuhan dan pelantikan DPD Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Malang Raya periode 2017-2022 dilakukan langsung oleh ketua DPW PITI Jatim, Haryono Satrio. Kepada pengurus masa bhakti 2017-2022, Haryono menekankan agar PITI Malang Raya mampu terus menjaga semangat syiar yang dibawa laksamana Cheng Ho.

Hal yang sama ditegaskan Walikota Malang, H. Moch. Anton. Bahwa pesan Rasulullah agar menuntut ilmu hingga negeri Cina, memberi pesan tersirat bahwa Islam dan negeri Tiongkok telah memiliki hubungan yang sudah lama. “Karenanya saya pesankan kepada pengurus dan semua keluarga besar PITI malang Raya, untuk tidak menutup diri, atau merasa minder. Senantiasa lah membuka diri dan harus membaur dengan membawa semangat ukhuwah islamiyah, ukhuwah insaniah dan juga ukhuwah wathoniyah, “pesan Abah Anton. Ditambahkan Walikota yang akan mengambil cuti selama prosesi pilwalkot Malang ini, bahwa kepercayaan untuk memegang amanah walikota Malang periode 2013-2018 juga tidak lepas dari kontribusi selama menjadi pengurus (red. Ketua) PITI. Namun demikian Abah Anton juga menekankan bahwa PITI bukanlah organisasi politik, sehingga adanya pesta demokrasi tidak boleh menjadikan cerai berai ummat.

Nilai lebih PITI di bidang sosial kemasyarakatan juga menjadi poin penting yang dititipkan oleh suami Hj. Umi Farida Suryani tersebut. Berkolaborasi pula dengan komunitas HAKKA (red salah satu suku Tiongkok), aktifitas sosial PITI selama ini banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Acara pelantikan yang juga dihadiri Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, ditandai pula dengan santunan untuk anak yatim serta pengajian oleh Kyai Moch. Kholil.

Dr. dr. Tandya, menjadi orang pertama dengan profesi dokter yang didaulat menjadi ketua PITI. Komitmen pria yang asli arema dan terlahir 1947 ini, adalah mengembangkan pula PITI sebagai wadah yang mampu menggerakkan ekonomi ummat, diantaranya dengan usaha pujasera dan ternak hewan kambing.

 

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment