Abah Anton Bagikan Seragam Linmas di Kecamatan Sukun dan Kedungkandang

Malang – Linmas merupakan bagian integral dalam sistim pertahanan keamanan nasional, yang di bentuk di setiap desa atau kelurahan dan anggotanya di angkat dari masyarakat yang telah di berikan pelatihan kemiliteran di bawah binaan Satpol PP.

Dengan berpedoman kepada peraturan Permendagri no. 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan linmas maka satlinmas sangat membantu daerah dalam upaya menciptakan sinergitas dalam upaya mewujudkan masyarakat yang aman dan tentram.

Menyadari hal tersebut, Walikota Malang, H. Moch Anton dengan didampingi oleh Kepala Satpol PP Kota Malang, Priyadi; menyerahkan secara simbolis pakaian seragam Linmas beserta kelengkapannya di Kecamatan Sukun dan Kedungkandang pada hari Rabu (27/12).

“Linmas yang merupakan ujung tombak aparatur sekaligus perpanjangan tangan dalam menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggal, memperoleh kewenangan di dalam membantu aparat keamanan lainnya seperti TNI, Polisi, Satpol PP, dan lain-lain” Ujar Walikota Malang yang biasa disapa Abah Anton itu.

Abah Anton juga berharap agar satlinmas di Kota Malang ini senantiasa melakukan koordinasi dengan unsur keamanan dan pihak terkait dalam urusan keamanan lingkungan, ketentraman dan ketertiban umum, serta penanggulangan resiko bencana maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya.

“Terlebih pada tahun 2018 kita akan mengadakan pilkada serentak; tentu akan banyak sekali gejolak-gejolak persaingan yang terasa menjelang pemilihan tersebut maka sangat perlu kesiapan dari satlinmas sebagai pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat; dalam mengantisipasi serta mendeteksi kemungkinan-kemungkinan terjadinya gejolak yang lebih besar dengan secara cepat dan sinergis melaporkan kepada pihak keamanan terkait, agar pesta demokrasi tersebut berjalan dengan aman, lancar dan terkendali” tegas Abah Anton.

Abah juga berpesan agar setelah menerima seragam baru ini, mereka mampu memotivasi anggota satlinmas dalam melakukan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya, sekaligus mengingatkan agar seragam dikenakan ini jangan dijadikan sebagai sarana untuk menyombongkan diri, berlaku semena-mena sehingga akan merugikan diri sendiri dan masyarakat.

“Tetaplah rendah hati dengan selalu bersikap tegas dan disiplin dalam menjalankan tugas agar tercipta lingkungan yang aman, tertib, damai, dan tentram sehingga nantinya akan membawa pada kondusifitas Kota Malang” tutup Abah.

Pada kesempatan tersebut diserahkan 418 seragam di Kecamatan Sukun dan 456 seragam di Kecamatan Kedungkandang dari total 3100 petugas Linmas se Kota Malang. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment