Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Abah Anton Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2017

Malang – Wali Kota Malang, H. Moch Anton memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2017 di Alun-alun Merdeka Malang, pada Kamis (21/12). Dalam apel yang dihadiri unsur TNI – Polri dan jajaran Forkopimda yang lain itu hadir Kapolres Malang Kota, AKBP Asufri, Dandim 0833, Letkol Inf Nurul Yakin, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemkot Malang dan sebagainya.

Dalam membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian, Abah Anton mengatakan jika perayaan Natal dan Tahun Baru yang berbarengan dengan libur panjang sekolah membutuhkan suasana nyaman, aman, lancar sehingga menjadi tugas bersama dalam mewujudkan hal itu.

Berbagai ancaman, tantangan, hambatan seperti serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok serta potensi konflik terkait perayaan Natal harus diantisipasi dengan sebaik mungkin.

“Sebelum Operasi Lilin 2017 dilaksanakan Polri didukung TNI serta Stakeholders lainnya telah melaksanakan rapat koordinasi dengan Kemenhub dan sebagainya untuk menjamin kelancaran arus lalu lintas,” kata Abah Anton saat membacakan Amanat Kapolri.

Operasi Lilin 2017 bakal digelar terhitung sejak 23 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018 dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung dengan upaya penegakan hukum. Dijelaskan pula, dalam Operasi Lilin 2017 ini sebanyak 170.304 personel gabungan terdiri atas 90.057 personel Polri, 20.070 personel TNI dan 60.177 personel dari instansi terkait beserta komponen masyarakat lainnya. Selain itu sebanyak 1.609 pos pengamanan dan 643 pos pelayanan juga sudah disiapkan di seluruh Indonesia dalam mensukseskan operasi tersebut.

“Gabungan personel ini hendaknya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan Tahun Baru khususnya di tempat ibadah, jalan raya, objek wisata hingga fasilitas transportasi,” ucapnya.

Kapolri sebagaimana amanat tersebut menekankan kepada semua personel agar mempedomani beberapa hal yakni, memetakan potensi kerawanan di masing wilayah, meningkatkan kewaspadaan, melakukan pendekatan kepada elemen masyarakat, mengoptimalkan penggelaran anggota serta melakukan terobosan kreatif melalui rekayasa lalu lintas, dan memperkuat sinergitas polisional dengan seluruh stakeholder.

“Karena itu Apresiasi kami haturkan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan Operasi Lilin 2017,” imbuhnya.

Wali Kota Malang, H. Moch Anton berpesan kepada semua jajaran Forkopimda dan Stake Holder serta masyarakat agar bersama bersinergi mensukseskan Operasi Lilin 2017. Kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah serta jajaran TNI – Polri akan membawa situasi yang aman dan nyaman.

“Soal sweeping kami tegaskan agar Ormas-ormas tidak melakukan agenda yang meresahkan masyarakat dan akan kita jaga kenyamanan dan keamanan Kota Malang selama libur Natal dan Tahun Baru ini,” ucap Abah Anton. (Sa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *