Hujan Dengan Intensitas Tinggi Mengakibatkan Longsor

Malang – Kamis, 14 Desember 2017 pukul 15.00 WIB telah terjadi tebing tanah longsor di Rumah Ibu Kastin Jl. Slamet Riyadi gg 8, RW 3/RT 5 Kelurahan Oro-oro dowo Kecamatan Klojen.

“Kejadian tersebut berawal karena hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan terjadinya 4x longsoran; yang pertama pada pukul 15.00 WIB kemudian disusul pukul 20.00 WIB longsoran besar, dan terakhir Jum’at dini hari pukul 03.00 WIB” ujar Sugiyono Sekretaris RT.

Kejadian longsor tersebut berdampak ke 2 rumah yang saat ini untuk sementara waktu penghuninya diungsikan untuk antisipasi longsor susulan.

Berdasarkan data yang ada panjang longsoran sekitar 15m dengan tinggi sekitar 8m. Atas kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa/luka, namun hanya ada 2 orang penghuni rumah yang mengungsi.

Akibat longsor tersebut kerusakan tebing sepanjang sekitar 15 m dan tinggi sekitar 8 m beserta tanaman pisang longsor ke sungai.

Atas kejadian tersebut, BPBD Kota Malang langsung mengirimkan personel Tim Reaksi Cepat dan Tim Kaji Cepat untuk melakukan assesment terkait kerusakan, kerugian, dan sumber daya yang terdampak, menginformasikan RT/RW dan pemilik rumah untuk membuat Surat kejadian ke Kelurahan serta menghimbau kepada masyarakat di sekitar lokasi kejadian untuk tetap berhati-hati terhadap potensi ancaman bencana yang ada di sekitar tempat tinggalnya apalagi sekarang sudah memasuki musim penghujan.

Kepala BPBD Kota Malang, J. Hartono mengatakan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan 4 paket sembako dan 4 buah terpal guna membantu memenuhi kebutuhan sementara para korban bencana. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment