Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Kota Malang Hatrick Meraih Penghargaan Bidang HAN

Puncak peringatan Hari Hak Asasi Manusia Se Dunia ke-69 yang dipusatkan di kota Solo (10/12 ’17), dianugerahkan penghargaan kepada Gubernur, Walikota dan Bupati yang dinilai memiliki komitmen dan kepedulian HAM, satu diantara kepala daerah adalah Walikota Malang Moch. Anton. Dan, ini untuk yang ke tiga kalinya kota Malang meraih penghargaan di bidang HAM secara berturut turut.
Ir. Joko Widodo, Presiden RI dalam amanahnya menegaskan masih banyak pekerjaan rumah untuk penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) yang belum dikerjakan oleh pemerintah. “Saya menyadari masih banyak pekerjaan besar, pekerjaan rumah perihal penegakan HAM yang belum bisa tuntas diselesaikan,” kata Presiden Joko Widodo di Solo.
Acara juga dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, staf khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi Sapto Pribowo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan sejumlah Kepala Daerah penerima penghargaan bidang HAM.
Achmad Taufik Damanik, ketua komnas HAM RI, menyatakan kewajiban untuk melindungi dan memberi jaminan HAM menjadi tanggung jawab bersama. “Karenanya perlu kebijakan, termasuk dari Kepala Daerah, untuk peduli HAM. Oleh karenanya, kota peduli HAM dberikan Kepada Kepala Daerah yang dinilai memiliki komitmen dan kepedulian HAM, “ujar Damanik. Sementara Menkumham, Yasonna Laoly menyatakan peringatan hari HAM se dunia menjadi momentum refleksi untuk mewujudkan tujuan negara dalam memberikan perlindungan kepada warganya. Pada nawacita juga mengamanatkan agar negara hadir pada setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.
Anton, Walikota Malang, di sela sela acara peringatan menyatakan kondusifitas kota Malang menjadi salah satu cermin bahwa HAM di kota Malang telah berjalan baik. Keberadaan perguruan tinggi, sinergitas forkopimda serta dialektika positif di antara organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan dan elemen lainnya di kota Malang, menjadi pilar penting terjaganya nilai nilai HAM di kota Malang. “Atas itu semua dan penghargaan yang didapat kota Malang di bidang HAM, saya sampaikan terima kasih kepada jajaran forkopimda dan segenap elemen yang ada di kota Malang, “pesan Abah Anton. Ikut mendampingi Walikota Malang pada puncak peringatan hari HAM se dunia ke-69 di kota Solo, Kepala Bakesbangpol, Indri Ardoyo dan Kepala BPBD, J. Hartono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *