Angin Kencang Sebabkan Dahan Pohon Patah dan Timpa Rumah Warga

Malang – Curah hujan yang tinggi disertai dengan angin kencang membuar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang terus siaga dalam melakukan pemantauan kondisi di masyarakat.

Salah satu bencana akibat angin kencang pada Jumat (8/12) adalah dahan pohon yang jatuh dan menimpa rumah warga di Jalan Setaman 10, Kecamatan Lowokwaru. Kejadian itu terjadi pada sekitar pukul 15.32 WIB.

Kepala BPBD Kota Malang, J. Hartono, mengatakan, berdasarkan laporan dir Tim Reaksi Cepat (TRC) kejadian bermula pada saat angin kencang melanda kawasan tersebut. Alhasil, dahan dari pohon jenis Sono Kembang dengan diameter 30 centimeter dan tinggi 7 meter patah menimpa atap asbes dan saluran talang rumah warga bernama Didik.

“Tidak ada korban dalam kejadian itu, kerusakan terjadi pada atap asbes dan saluran talang,” kata Hartono.

Selain menimpa rumah warga, dampak dari kejadian tersebut adalah terganggunya aktifitas pengguna jalan dekat lokasi sehingga warga agak terhambat untuk menggunakan jalan tersebut.

“Kerugian masih kita hitung. Tapi BPBD sudah kirimkan Tim TRC untuk melakukan assesment terkait kerusakan, kerugian, dan sumber daya yang terdampak,” kata Hartono.

Selain itu BPBD Kota Malang juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) untuk melakukan pemotongan dahan yang patah agar tidak mengganggu akses jalan warga.

“BPBD mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati terhadap potensi ancaman bencana yang ada di sekitar tempat tinggalnya apalagi sekarang sudah memasuki musim penghujan dan angin kencang,” ujar Hartono. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment