Abah Anton Dampingi Wapres JK Resmikan JKIEC di UB

Malang – Wakil Presiden Jusuf Kalla telah meresmikan “Jusuf Kalla Innovation and Entrepreneurship Centre” (JKIEC) dalam rangkaian kegiatan Seminar Nasional Hilirisasi Inovasi Tehnologi dan Start-up Bisnis di Universitas Brawijaya, Malang, Senin (4/12)

Peresmian Jusuf Kalla Innovation and Entreprenuership Centre merupakan puncak dari berbagai rangkaian kegiatan yang dimulai kompetesi start-up dikalangan mahasiswa, workshop pengembangan start-up, dan akan berfungsi sebagai tempat co-working space, peer to peer learning and share ideas and peer support, dan JKIEC Start up accelerator program.

Turut hadir mendampingi dalam kegiatan tersebut adalah Wakil Gubernur Jawa Timur, Saiffullah Yusuf, Walikota Malang, H. Moch Anton dan Rektor Universitas Brawijaya, Muhammad Bisri.

Kegiatan ini dilandasi latar belakang pentingnya kontribusi perguruan tinggi dalam menyelesaikan berbagai persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, terutama kaitannya dengan inovasi teknologi dan pengembangan kewirausahaan masyarakat.

Menurut Rektor Universitas Brawijaya, Bisri, menyatakan bahwa kegiatan ini juga untuk menyadari bahwa perguruan tinggi merupakan salah salah satu pilar utama sumber inovasi baru bagi pengembangan tehnologi dan pengembangan kewirausahaan masyarakat melalui upaya pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Hilirisasi merupakan salah satu ikhtiar dari Universitas Brawijaya bagaimana mengembangkan hasil-hasil riset yang sesuai dengan kebutuhan pasar atau masyarakat” ujar Bisri.

Seminar juga mencoba mendiskusikan antara peneliti UB dengan stakeholder lain untuk menemukan strategi yang tepat untuk mengakselerasi pengembangan inovasi teknologi yang berbasis kebutuhan pasar.

Selain Jusuf Kalla, pembicara yang akan hadir adalah Prof. Dr. Moh Dimyati (Dirjen Pengembangan Riset Kemristeek DIKTI), Adang Wijaya ( CEO green Nitrogen) Salies Apriliyanto (CEO Marksiplus Indonesia Utama).

Sementara itu, Wapres Jusuf Kalla mengharapkan agar seminar ini, dapat memberikan wacana kebijakan dan best practice hilirisasi inovasi dan teknologi Perguruan tinggi.

Wapres JK juga berpendapat bahwa teknologi yang ada diharapkan mampu memberikan peningkatan kemampuan kita sehingga nanti nya dapat diimplementasikan secara baik untuk negara kita. “Hal itu seperti yang dilakukan oleh Universitas Brawijaya kali ini dengan mengembangkan inovasi teknologi nya melalui JKIEC” tutur Wapres JK.

Selain itu, diharapkan pula lembaga ini menjadi kawah candra dimuka untuk menghasilkan entrepreneur yang kreatif dan inovatif dalam memberikan solusi terhadap permasalahan yang muncul di masyarakat.

Sementara itu, Abah Anton (red. Sapaan Walikota Malang) menyatakan bahwa kehadiran JKIEC diharapkan mampu memberikan sumbangsih bagi pembangunan di Kota Malang. “Saya sangat bersyukur atas kehadiran JKIEC yang mampu menunjang inovasi teknologi mahasiswa menuju Kota Malang yang kreatif” tandas Abah Anton. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment