Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Pentingnya Penanggulangan HIV AIDS Bagi Masyarakat

Malang – Selasa (28/11), Dinas Kesehatan Kota Malang menggelar acara Sarasehan Penanggulangan HIV AIDS dengan Tema ”Saya Berani, Saya Sehat, Saya Lindungi yang Tersayang dari HIV” yang bertempat di Same Hotel Malang.

Dalam kegiatan tersebut hadir Asisten Perekonomian, Ir. Diah Ayu Kusuma Dewi, MT, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dr. Husnul Muarif, dan 2 pemateri dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) pusat serta peserta dari TP PKK se Kota Malang, dan beberapa LSM terkait berjumlah 125 orang.

Dalam sambutannya, Asisten Perekonomian, Ir. Diah Ayu Kusuma Dewi, MT, menyambut baik kegiatan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat terkait upaya penanggulangan hiv aids dengan cara pencerdasan pemahaman mencegah HIV AIDS, melakukan tes HIV dan yang kemudian dilanjutkan dengan pengobatan ARV jika terdiagnosa HIV sedini mungkin.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mencegah serta menanggulangi HIV AIDS dan PIMS (Penyakit Infeksi Seksual Menular).” Pungkas Diah Ayu sekaligus membuka acara tersebut secara resmi.

Karena itu, Pemerintah Kota Malang akan terus berupaya meningkatkan kepedulian masyarakat untuk memahami pentingnya melakukan tes HIV dan pengobatan ARV bagi ODHA secara dini. Dari upaya itulah diharapkan dapat menormalisasi isu HIV AIDS dan berpengaruh terhadap persepsi masyarakat yang lebih positif sehingga dapat menurunkan stigma dan diskriminasi. (Aj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *