Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Lupa Matikan Kompor, Rumah Warga Madyopuro Terbakar Api

Malang – Bencana kebakaran terjadi di rumah warga Jalan Madyopuro Gang I, Kecamatan Kedung Kandang pada Rabu (15/11) siang sekitar pukul 12.30 WIB. Berdasarkan laporan dari Tim Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, api membakar rumah bagian dapur dan kamar mandi

Kronologis terjadinya kebakaran bermula saat salah satu anggota keluarga bernama Sri (44) lupa mematikan kompor, sehingga api membakar dapur berukuran 13 meter X 5 meter yang bahan dindingnya didominasi oleh kayu triplek. Api menyebar membakar kamar mandi yang tak jauh dari dapur.

Beruntung api tak melebar melalap seluruh isi rumah berkat bantuan warga yang memadamkan api secara bergotong royong. Beberapa perabot rumah tangga dilaporkan ikut hangus terbakar, meski begitu tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

“Tidak ada korban jiwa. Hanya salah satu anggota keluarga mengalami kaki melepuh akibat terkena api. Untik kerugian masih kita hitung dan BPBD sudah memberikan bantuan langsung berupa paket sembako dan terpal untuk menutupi area yang terbakar,” kata Kepala BPBD Kota Malang, Hartono.

Ia menjelaskan, Tim TRC BPBD sudah diterjunkan untuk melakukan bantuan dan mendata kerusakan yang dialami. Atas kejadian itu, Hartono mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi bencana yang bisa terjadi di kawasan sekitarnya.

Ia juga menjelaskan, datangnya musim penghujan dan kemungkinan terjadinya cuaca buruk, membutuhkan peran serta komponen masyarakat terutama BPBD untuk selalu sigap dan siaga dalam menghadapi bencana.

“Dalam kondisi cuaca seperti ini masyarakat harus waspada akan terjadinya berbagai bencana,” kata Hartono. (Sa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *