Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Abah Anton: Sinergitas Antar Ormas Keagamaan di Kota Malang Sangat Baik

Malang – Wali Kota Malang, H. Moch Anton mengugkapkan jika suasana kondusif yang tercipta selama ini merupakan buah hasil sinergitas antar seluruh elemen termasuk dari kalangan ormas keagamaan.

Hal itu diungkapkan Abah Anton saat memberi sambutan dalam tabligh akbar yang digelar Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Kota Malang di Masjid Al Ikhlas, Jalan Raya Langsep, pada Minggu (29/10).

Abah Anton menegaskan peran Muhammadiyah dalam pembangunan dan menjaga suasana aman, tentram dan kondusif di Kota Malang sangat baik. Hal itu tak lepas dari komunikasi aktif tataran pimpina organisasi keagamaan itu dengan jajaran Forkopimda.

“Kota Malang ini telah ditunjuk sebagai kota paling kondusif di Indonesia. Sinergitas antara dua ormas Islam besar yakni NU dan Muhammadiyah sangat bagus sekali dan dari titik ini kita bisa membangun peradaban Islam yang baik,” kata Abah Anton.

Dijelaskan pula, sinergitas antara NU dan Muhammadiyah telah diwujudkan dalam acara halal bi halal bersama yang digagas oleh dua ormas itu bebeberapa waktu lalu. Hal ini, lanjut Abah Anton merupakan bukti yang cukup kuat bagaimana mensinergikan berbagai kelompok dalam menjalin persatuan dan kesatuan demi menuju suksesnya program pembangunan.

“Sinergitas itu sejalan dengan misi pemerintah dengan jargon Bermartabat itu. Harapannya sinergitas dan prestasi ini bisa kita pertahankan,” ungkapnya.

Tabligh Akbar yang digagas PDM Kota Malang ini dilaksanakan satu bulan sekali atau tepatnya setiap minggu ke lima. Khusus pada tabligh kali ini tausiyah diberikan oleh Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsudin.

Dalam kesempatan itu Din Syamsudin yang kini menjabat sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban, menyambut baik prestasi yang sudah ditorehkan oleh Kota Malang termasuk dalam hal menjaga kondusifitas antar organisasi keagamaan dam antar umat beragama.

“Kalau NU dan Muhammadiya ini bisa bersinergi bersama maka saya kira permasalahan umat akam terselesaikan, dan saya baca dari media massa di Kota Malang beberapa bulan lalu digelar acara halal bi halal antar dua ormas itu dan hal ini sangat luar biasa sekali,” ucap Din Syamsudin. (Sa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *