Walikota Malang Buka Sosialisasi Hari Santri di Kota Malang

Malang – Pada hakekatnya kegiatan hari santri merupakan sebuah hari untuk memperingati peran besar kaum Kiai dan kaum Santri dalam perjuangannya melawan penjajah yang bertepatan dengan resolusi jihad dari KH. Hasyim pada tanggal 22 oktober. Itulah alasan yang mendasari kenapa hari santri nasional ditetapkan pada tanggal 22 oktober.

Berkenaan dengan hal itu pula maka Pemerintah Kota Malang melalui Bagian Kesra Setda Kota Malang pada hari Kamis (19/10) di Hotel Grand Palace Malang menggelar Sosialisasi Hari Santri di Kota Malang.

Kegiatan tersebut dibuka dan di hadiri oleh Walikota Malang, H. Moch Anton, KH. Tolhah Hasan, KH. Chamzawi serta KH. Agus Suyoto serta diikuti oleh 100 orang peserta.

Dalam sambutannya, Walikota Malang yang kerap disapa Abah Anton itu menyampaikan bahwa sejarah membuktikan, para santri bersama dengan pejuang lainnya mempunyai peran yang sangat penting dalam merebut kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari penjajah bangsa asing serta menjaga keutuhannya.

“Belum lagi para perwira atau prajurit pembela tanah air, yang ternyata banyak berasal dari kalangan santri; sehingga perjuangan para santri harus diperingati menjadi salah satu hari besar di Indonesia” Ujar Abah Anton.

Abah Anton juga berharap agar para santri terus berjuang dengan berupaya meningkatkan eksistensi dalam mengembangkan dan membina serta mengarahkan masyarakat muslim, untuk senantiasa berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan dengan meneruskan proses pembangunan bangsa dan negara, sekaligus menjaga pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jalinan tali silaturrahmi, tambah Abah Anton, harus terus dijaga demi memperkuat persatuan dan kesatuan serta soliditas intern umat Islam di Kota Malang, mengokohkan tegaknya amar ma’ruf nahi mungkar demi terwujudnya malang bermartabat.

Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus Cabang NU, DR. Mujab Masyhudi berharap agar momentum peringatan Hari Santri Indonesia di Kota Malang dapat memberikan motivasi dan kekuatan tersendiri bagi para santri untuk terus maju dan meneruskan perjuangan para pendiri NU. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment