Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Pemkab Maluku Tengah Menimba Ilmu ke Kota Malang

Malang – Kesuksesan Kota Malang dalam berbagai aspek pembangunan, membuat beberapa daerah mulai menjadikan kota ini sebagai percontohan. Salah satu daerah yang tertarik berkunjung untuk menimba ilmu di Kota Malang adalah Kabupaten Maluku Tengah.

Rombongan yang dipimpin langsung Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, diterima langsung Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, dan Sekda Kota Malang, Wasto di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Jumat (13/10).

Dalam paparannya, Wawali Sutiaji mengatakan jika Kota Malang selama ini terus berkomitmen menjalankan visi dan misi pembangunan dengan tujuan mensejahterakan masyarakat.

Meski secara geografis Kota Malang tidak terlalu luas dengan jumlah penduduk sekitar 895 ribu, namun pemerintah daerah terus mengoptimalkan berbagai hal yang ada khususnya dalam tiga bidang yakni pendidikan, wisata dan industri.

Dikatakan Wawali Sutiaji, untuk bidang pendidikan, dari sekolah gratis hingga pembangunan sarana prasarana pendidikan terus dilakukan oleh pemerintah kota. Bahkan untuk bidang pariwisata, meskipun tidak seperti Kabupaten Malang yang terkenal wisata pantai atau Kota Batu dengan wisata buatannya, namun jumlah kunjungan wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri terus meningkat.

“Hal itu karena kami terus berinovasi bagaimana menarik wisatawan melalui wisata seni budaya hingga wisata kuliner,” kata Sutiaji.

Dijelaskan pula, dalam bidang kebersihan lingkungan dan pengolahan sampah, Kota Malang saat ini sedang terus berupaya untuk menjadikan limbah sampah sebagai sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dicontohkan di TPA Supit Urang, saat ini air lindi dari sampah dimanfaatkan warga untuk gas metan. Hal inilah yang terus dikembangkan sehingga Kota Malang kini bekerjasama dengan negara Jerman untuk mengembangkan hal itu.

“Dalam bidang penganggaran kemarin SAKIP kita juga sudah memperoleh nilai B dan kita optimis tahun ini meraih nilai A,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Malang yang telah menerima rombongan untuk melakukan kunjungan kerja.

Dijelaskan, pada era saat ini pembangunan berbasis lingkungan sangat penting untuk direalisasikan dan pihak Pemkab Maluku Tengah menilai apa yang sudah dilakukan Kota Malang bisa dicontoh.

“Kami harap kunjungan ini bermanfaat dan yang sesuai akan kami terapkan di daerah kami,” kata Tuasikal Abua. (Sa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *