KKL Mahasiswa Akutansi Universitas Negeri Jakarta

Malang – Pemerintah Kota Malang menerima Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dari mahasiswa Akutansi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta pada (4/10) yang bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang. Kuliah kerja tersebut diterima oleh Sekertaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH.MH, sedangkan mahasiswa yang berjumlah 107 orang ini dipimpin langsung oleh Dosen Akutansi Universitas Negeri Jakarta, Indra Pahala, SE, M.Si.

Dalam sambutan Sekertaris Daerah Kota Malang, Wasto, mengucapkan selamat datang dan terima kasih serta penghargaan atas kepercayaan untuk menjadikan Kota Malang sebagai salah satu tujuan guna menimba ilmu untuk mendapatkan pemahaman tentang sistem akuntansi yang terdapat di Pemerintah Kota Malang.

Salah satu agenda reformasi di Indonesia yang dilakukan adalah keharusan menerapkan akuntansi berbasis akrual pada setiap instansi pemerintahan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Terkait dengan pengelolaan barang milik daerah, Pemerintah Kota Malang telah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Barang dan Aset Daerah (SIMBADA). Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah implementasi pemenuhan kebutuhan penatausahaan maupun penyusunan laporan aset daerah yang sesuai dengan standar perundang-undangan yang mengatur permasalahan aset pemerintah daerah, sekaligus meningkatkan kualitas laporan aset Pemerintah Kota Malang dalam hal akuntabilitas dan transparansi.

“Atas berbagai upaya yang telah dilakukan, Pemerintah Kota Malang telah memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, yang telah dicapai 6 kali”. Ujar Wasto.

Sementara pimpinan rombongan, Indra menyampaikan tujuan datang ke Pemerintah Kota Malang yakni agar mahasiswa dapat memahami kegiatan operasional Pemerintah Kota Malang, memahami sistem akutansi dan keuangan Pemerintah Kota Malang, dan dapat memotivasi mahasiswa agar menjadi Pegawai Negeri Sipil.

”Melalui kunjungan ini kami berharap dapat terjalin hubungan yang baik antara Pemerintah Kota Malang dan Universitas Negeri Jakarta dan semoga kunjungan kita memberikan manfaat dan pengetahuan”. Tutur Indra.

Kegiatan dilanjutkan dengan penukaran cinderamata dan diakhiri dengan dialog interaktif. (Ed)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment