Walikota Anton Raih Upakarya Wanua Nugraha

Selalu ada kejutan dari kota Malang. Barusan menerima penghargaan kota terbaik dan kota potensial di bidang pariwisata pada ajang Indonesia Atractive Awards yang digelar Tempo Grup dan Lembaga Riset Frontier (29/9 ’17), kota Malang dibawa nahkoda Abah Anton, Walikota Malang, meraih penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Kementerian Dalam Negeri RI.

Inaugurasi penghargaan yang dihelat di The Media Hotel and Towers Jakarta (2/10 ’17), menempatkan kota Malang dan satu-satunya kota di Jawa yang meraih Upakarya Wanua Nugraha. “Penghargaan diberikan kepada Kepala Daerah yang dinilai berhasil membina dan melahirkan inovasi di tingkat kelurahan / desa, “ujar Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Kemendagri RI, Dr. Eko Prasetyanto PP, S.Si, M.Si, MA. Diutarakan Eko Prasetyanto, seleksi dilakukan terhadap 279 kandidat dari tingkat Provinsi maupun Kota/Kabupaten, dengan bobot penilaian di antaranya keberhasilan dalam lomba kelurahan/desa tingkat nasional serta keberhasilan menggerakkan partisipasi masyarakat serta inovasi di wilayah.

Sementara itu Walikota Anton, seusai menerima penghargaan yang diserahkan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Dr. Nata Irawan, SE, M.Si mewakili Mendagri Tjajo Koemolo, menegaskan raihan yang berhasil diraih kota Malang tidak terlepas dari buah kerja bersama semua elemen di kota Malang serta ditopang oleh penguatan program yang mampu menstimulus empowering (pemberdayaan) masyarakat, seperti penyelenggaraan otonomi award kecamatan/kelurahan, lomba kampung hijau dan bersih, kegiatan blusukan dua mingguan hingga menumbuh kembangkan kampung kampung tematik di kelurahan.
“Raihan prestasi ini adalah momentum yang harus mampu terus kita jaga. Karena ini teraih karena adanya energi kebersamaan dan nilai kompetisi untuk memberikan karya terbaik. Maka, saya mengamini pesan dari Presiden dan juga kementerian, agar terus mengobarkan dan fokus pada semangat kerja, kerja dan kerja, “tegas Abah Anton.

Hal sama ditekankan Dirjen Pemdes Kemendagri, Nata Irawan, helatan Pekan Inovasi Perkembangan Desap dan Kelurahan (PINDESKEL II) 2017, yang diselenggarakan Pemerintah tiada lain untuk mendorong semangat daerah berpacu dalam kerja yang berbasis inovasi yang mampu menumbuhkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
Selain Walikota Malang, pada tingkat provinsi, Gubernur Jawa Timur juga menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha, menambah kebanggaan masyarakat Jawa Timur.

Sementara itu, di lokasi yang berbeda di Mercure Ancol (2/10’17), tim Penggerak PKK kota Malang dibawa komando Umi Farida Anton, mewakili Jawa Timur, juga berhasil meraih juara nasional pembinaan PKK tingkat nasional, untuk program “HATINYA PKK”, yakni program penataan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman PKK. PKK kota Malang dinilai berhasil mewujudkan dalam bentuk pembinaan di tingkat kelurahan, dengan munculnya pola pemanfaatan
pekarangan secara ekonomis, berwawasan lingkungan, asri dan hijau.

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment