Sawojajar Ditetapkan Menjadi Kelurahan Siaga Aktif Tahun 2017

Malang – Prestasi lagi-lagi berhasil ditorehkan Kota Malang. Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur menetapkan Sawojajar sebagai Pemenang II, Kelurahan Siaga Aktif 2017 menyusul Kelurahan Mangunharjo, Kota Madiun sebagai Pemenang I.

Hasil tersebut diperoleh setelah Dinkes Provinsi Jawa Timur menggelar lomba bertajuk Pelaksana Terbaik Desa/Kelurahan Siaga Aktif Tahun 2017.

Lomba yang digelar sejak Agustus hingga September ini menilai beberapa desa/kelurahan yang ada di Jawa Timur. Hasil penilaian itu, akhirnya mengerucut pada enam nominator desa/kelurahan yang ada di Jawa Timur. Tim dari Dinkes Provinsi Jawa Timur melakukan penilaian lapangan kepada enam nominator, sehingga akhirnya ditetapkan para pemenang yang mendapat predikat desa/kelurahan siaga aktif.

Selain Kelurahan Sawojajar dan Kelurahan Mangunharjo, pada tataran desa ditetapkan beberapa pemenang yakni Desa Dadapan, Kabupaten Pacitan sebagai pemenang I, Desa Semen Kabupaten Blitar, sebagai pemenang II, Desa Sidomulyo, Kabupaten Malang sebagai pemenang III dan Desa Kraton, Kabupaten Kediri sebagai Pemenang Harapan I.

Penyerahan piagam dan hadiah tersebut akan dilakukan di Grahadi, Surabaya pada 12 Oktober 2017 atau bertepatan dengan HUT ke 72 Provinsi Jawa Timur. Kepala Dinkes Jawa Timur, Kohar Hari Santoso, mengucapkan selamat kepada para pemenang atas keberhasilannya menciptakan desa/kelurahan siaga.

“Prestasi itu merupakan hasil kerjasama dan dukungan lintas sektor maupun lintas program terkait. Semoga kemandirian masyarakat dalam mewujudkan kualitas desa/kelurahan mandiri berdampak pada kualitas kesehatan di masyarakat,” kata Kohar.

Terpisah, menanggapi penghargaan ini, Wali Kota Malang, H. Moch Anton sangat mengapresisasi upaya Kelurahan Sawojajar dan kerjasama masyarakat atas diraihnya penghargaan tersebut.

“Penghargaan ini tentunya berkat kerjasama semua pihak termasuk masyarakat dan stake holder lainnya,” kata Abah Anton.

Dijelaskan wali kota, upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat terus dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Dengan adanya penghargaan itu, diharapkan bisa memotivasi kelurahan lainnya agar menjadi kelurahan siaga dengan tujuan peningkatan kualitas kesehatan di masyarakat.

“Semoga prestasi ini menjadi penyemangat bagi kita untuk menorehkan berbagai prestasi yang berdampak positif pada pembangunan di Kota Malang,” tandasnya. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment