Sutiaji: Kakang Mbakyu Kota Malang Berperan dalam Memajukan Wisata

Malang – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang kembali menggelar agenda Pemilihan Kakang Mbakyu Kota Malang pada Minggu (1/10) di Hotel Kartika Graha. Para pemenang di ajang ini nantinya akan didaulat menjadi duta wisata Kota Malang.

Acara tersebut dihadiri langsung Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, Anggota DPR RI Komisi X, Ridwan Hisjam, Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto Kapolres Malang Kota AKBP Hoiruddin Hasibuan, Dandim 0833 Letkol Inf. Nurul Yaqin, Kepala Disbudpar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Kota Malang.

Dalam sambutannya, Wawali Sutiaji menekankan para pemenang yang nantinya ditunjuk sebagai duta wisata harus bisa menjadi potret warga Kota Malang yang ramah dan pribadi yang baik.

“Siapapun yang ditunjuk sebagai Kakang Mbakyu Kota Malang untuk menjadi duta pariwisata maka tunjukkanlah anda merupakan potret warga Malang, pribadi yang memiliki satu jiwa kebersamaan arema, pribadi yang menjunjung kebersamaan dalam keberagaman,” kata Sutiaji.

Selain itu, para duta wisata nanti diharapkan mampu mengenalkan Kota Malang kepada Indonesia dan dunia tentang bagaimana keindahan dan daya tarik pesona wisata-nya. “Pesan saya bawalah dan sampaikanlah ke dunia bahwasannya Kota Malang merupakan bagian dari Indonesia yang indah serta bersatu meski berbeda,” ujar Sutiaji.

Grand final Kakang Mbakyu Kota Malang pada tahun ini sudah melalui serangkaian proses seleksi yang telah dimulai pada bulan Mei hingga September 2017. Pada tahap awal terdaftar 192 peserta dan kemudian dilakukan penjurian dan penilaian hingga tersaring 20 pasangan Kakang Mbakyu.

“Kegiatan rutin tahunan ini dilaksanakan untuk menseleksi dan memilih duta pariwisata Kota Malang. Dan untuk gelaran pada tahun 2017 ini mengambil tema ” Werna werni Jumanthoro Kutho Ngalam yang bermakna keberagaman Kota Malang ” Hal ini tidak terlepas dari beragamnya sosial budaya serta potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kota Malang,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni SH, M.Si dalam sambutannya.

Sementara itu Anggota Komisi X DPR RI Ir. Ridwan Hisjam yang turut menghadiri giat rutin Disparbud Kota Malang ini berharap agar ke depan OPD yang dikepalai oleh Ida Ayu Made Wahyuni SH, M.Si ini mampu bersinergi dengan Kementrian Pariwisata. Dengan terjalinnya kerjasama ini maka kedepan akan tersusun program yang mampu memajukan sektor pariwisata khususnya di Kota Malang dan umumnya di Indonesia.

” Sejak dilantik Presiden, Ir. Joko Widodo menjadikan Pariwisata menjadi sumber devisa negara. Hingga pada saat ini tercatat 15 Juta wisatawan manca negara hador di Indonesia menikmati keindahan alam maupun budaya termasuk berkunjung ke Kota Malang. Dan Kemenpar menargetkan pada tahun 2019 mendatang sebanyak 20 juta wisatawan mancanegara datang berkunjung ke Indonesia.” ucap Ridwan Hisjam dalam sambutannya. (Fan/Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment