Abah Anton Tekankan Peran Olahraga Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Malang – Wali Kota Malang, H. Moch Anton menekankan pentingnya olahraga sebagai alat pemersatu bangsa. Hal itu diucapkan saat wali kota memberikan sambutan dalam Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2017 yang digelar di Stadion Gajayana, Kamis (28/9).

Abah Anton menjelaskan, olahraga selain merupakan sarana dalam menyehatkan jasmani juga dapat mempersatukan bangsa Indonesia tanpa melihat suku, agama ataupun ras. “Sehingga tepat kiranya jika pada tahun ini Haornas mengambil tema Olahraga Menyatukan Kita” kata Abah Anton.

Dalam era kehidupan modern, lanjut wali kota, olahraga telah menjadi tuntutan dan kebutuhan hidup agar manusia dapat mempertahankan eksistensinya, yakni hidup dengan jasmani yang sehat dan terhindar dari berbagai gangguan akibat disfungsi sebagai akibat dari kekurangan gerak.

“Melalui olahraga yang sistematis pula, kualitas sumberdaya manusia, dapat diarahkan pada peningkatan pengendalian diri, tanggung jawab, disiplin sportivitas yang tinggi yang mengandung nilai dalam kehidupan,” ujarnya.

Dijelaskan pula, berdasrkan pada beberapa faktor penting yang terkandung dalam olahraga baik itu secara jasmani maupun mentalitas, maka akan mengerucut pada terciptanya peningkatan prestasi yang dapat membangkitkan kebanggaan nasional dan ketahanan nasional secara menyeluruh. 

“Prestasi inilah poin dimana olahraga mampu menjadi alat pemersatu bangsa,” tukasnya.

Abah Anton berharap momen Haornas ini menjadi titik tolak untuk menumbuh kembangkan olahraga di dalam masyarakat. Karenanya, kepada para stake holder dan organisasi pemerintah daerah terkait diharapkan mampu memberikan tindakan persuasif yang konsisten sehingga tumbuh rasa sadar untuk olahraga di masyarakat.

“Karena dengan kondisi yang sehat secara fisik, mental dan sosial, maka akan tercipta produktivitas yang tinggi, dan hal itu merupakan perwujudan kualitas symber daya manusia yang dibutuhkan dalam masa pembangunan,” bebernya.

Tak lupa pula Abah Anton juga berharap prestasi demi prestasi mampu ditorehkan para atlet di Kota Malang di berbagai evwn baik skala nasional atau internasional. Oleh karena itu, kata Abah Antom, butuh kerja keras, membangun kebersamaan dan kekompakkan baik dari pelatih, atlet dan stake holder lainnya.

“Demikian pula pada kesempatan yang baik ini, saya juga menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih yang tulus kepada pahlawan-pahlawan olah raga, para atlet dan pelatih serta semua pihak yang selama ini telah mempunyai kepedulian dalam membangun kemajuan dunia olah raga,  sehingga mampu mengharumkan kota malang melalui berbagai prestasi olah raga,” tandasnya.

Peringatan Haornas Tahun 2017 di Kota Malang sendiri berjalan sangat meriah, karena diramaikan dengan agenda ‘Kirab Apresiasi Atlet Sea Games 2017’ yang berhasil membawa pulang medali dari ajang bergengsi itu.

Sejumlah atlet asal Kota Malang yang sukses mengharumkan nama bangsa itu mendapatkan kehormatan dengan prosesi kirab. Atlet tersebut yakni Elga Kharisma Novanda, peraih medali emas untuk nomor bersepeda BMX, Atjong Tio Purwanto, peraih medali emas pada cabang Atletik dan Crismonita Dwi Putri, peraih medali perak cabang bersepeda.

Peringatan Haornas tahun 2017 selain dihadiri oleh Wali Kota Malang, H. Moch Anton juga dihadiri Kapolres Malang Kota, AKBP Khoiruddin Hashibuan, Dandim 0833 Letkol Inf Nurul Yakin, Danrem 083 Baladhika Jaya Letkol Inf Bangun Nawoko dan Ketua Formi Kota Malang, Hj Dewi Farida Suryani (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment