Kadisperta Kota Malang Melaunching Kartu Tani Bagi Petani di Kota Malang

Malang – Dalam rangka mewujudkan percepatan pembangunan pertanian modern menuju kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani, Pemerintah bekerjasama dengan perbankan meluncurkan program Kartu Tani untuk menyalurkan bantuan dan subsidi pada petani.

Selasa (26/9) di Aula Kelurahan Lesanpuro telah di laksanakan Launching Kartu Tani dan Penyerahan Traktor Bantuan dari Kementerian Pertanian Kepada Kelompok Tani di Kota Malang.

Pada kegiatan tersebut, selain menyerahkan kartu tani kepada 349 petani dari total kurang lebih 533 an petani di Kota Malang yang menerima kartu tani; juga dilaksanakan penyerahan traktor roda 4 dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian RI kepada kelompok tani sido makmur kelurahan lesanpuro serta traktor roda 2 kepada kelompok tani makmur jaya kelurahan bumiayu.

Penyerahan tersebut dilaksanakan secara resmi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sri Winarni dengan di dampingi oleh Muspika kecamatan Kedungkandang dan Wakil Pimpinan BNI Wilayah Malang, Alih Suwasono.

Dalam sambutannya, Sri Winarni menyatakan bahwa perlu dilakukan upaya terpadu untuk meningkatkan produktivitas pertanian yaitu dengan cara intensifikasi dan ekstensifikasi seperti peningkatan ketersediaan air irigasi, penyediaan bibit, pupuk dan alsintan.

“Melalui program Kartu Tani ini, kami berharap agar kesejahteraan para petani dapat meningkat sehingga ketahanan pangan di Kota Malang juga akan tetap terjaga” demikian tutur Sri Winarni.

Kartu Tani merupakan Media Penyaluran Bansos dan Subsidi dengan menggunakan Kartu Multi Fungsi yang dikeluarkan perbankan. Kartu Tani berfungsi sebagai kartu tabungan dan dompet/e-wallet (Combo) untuk belanja.

Fitur Tabungan yang tertanam dalam Kartu Tani merupakan Simpanan berupa Rekening Bank yang dapat ditarik secara tunai dengan jenis produk TabunganKu. Adapun Fitur e-Wallet merupakan Simpanan uang elektronik yang dapat digunakan untuk belanja barang dan dapat digunakan untuk penyimpanan bantuan dan subsidi Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan, Pendidikan, Gas, subsidi Pupuk dan Program Pemerintah Daerah.

Manfaat utama Kartu Tani adalah sebagai database petani yang akurat, yang juga difungsikan sebagai alat penebusan pupuk bersubsidi pada agen pupuk. Dengan kartu tani tersebut distribusi pupuk bersubsidi dapat lebih terkontrol, karena akan tercatat secara real time – on line dan dapat dipantau melalui sarana Dashboard yang telah disediakan. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment