Kunjungan Studi Banding Kabupaten Barito Timur

Malang-(14/9) Bertempat di Ruang Tumapel Balaikota Malang telah dilaksanakan penerimaan kunjungan kerja studi banding Pemerintah Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah. Acara ini diterima oleh Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang, Erik Setyo Santoso, ST., MT., Sedangkan rombongan tamu yang berjumlah 20 orang dari Pemerintah Kabupaten Barito Timur dipimpin Sangkurun Alex, ST., MT., selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Dalam sambutannya, Erik Setyo Santoso, ST., MT., menyampaikan bahwa perlu ada sebuah rencana detail tata ruang (RDTR), dimana didalamnya akan diatur, penggunaan dan peruntukan lahan tertentu di suatu wilayah, untuk berbagai kebutuhan seperti permukiman, perdagangan dan jasa, pertanian, perkantoran, industri dan lain sebagainya.

Terkait dengan perubahan tata ruang apabila tidak ditata dengan baik akan mengakibatkan perkembangan yang tidak terarah dan penurunan kualitas pemanfaatan ruang. Oleh karena itu, dokumen rencana tata ruang wilayah (RTRW), menjadi sangat penting karena merupakan hasil perencanaan wujud struktural dan pola pemanfaatan ruang secara optimal.

Sementara dalam sambutan ketua rombongan Sangkurun Alex, ST., MT., menyatakan rasa terimakasih karena telah diterima dengan baik oleh Pemerintah Kota Malang. “Maksud dan tujuan kami memilih kota Malang untuk melakukan studi banding mengenai penyusunan dan perancangan peraturan daerah kabupaten tentang rancangan detail tata ruang kawasan perkotaan tata wilayah tahun 2017 sampai tahun 2037,” Ujar Alex.

Kunjungan kerja dilanjutkan dengan dialog interaktif dan diakhiri tukar menukar cinderamata. (Aj)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment