Abah Anton Tekankan Pentingnya Pendidikan Pramuka

Malang –Wali Kota Malang, H. Moch Anton menekankan pentingnya pendidikan ke-Pramukaan khususnya bagi kalangan anak muda. Hal itu disampaikan saat memberi sambutan dalam Upacara Hari Pramuka Ke-56 di Halaman Balaikota Malang, Kamis (14/9).

Dalam paparannya, Abah Anton menjelaskan jika pendidikan Pramuka selalu menekankan pada satya dan darma, dimana dua hal itu adalah pedoman utama dalam berperilaku dan bersikap di kehidupan sehari-hari. “Karena itu Satya dan Darma harus benar-benar tertanam dalam sanubari semua Pramuka khususnya di Kota Malang,” kata Abah Anton.

Dikatakan pula, pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas terus dilakukan oleh pemerintah bersama dengan semua komponen masyarakat dan stake holder selama ini. Namun, lanjut Wali Kota Malang, pembangunan sumber daya manusia harus sejalan dengan pembangunan fisik.

“Kunci sukses bangsa terletak pada SDM yang unggul dan berkualitas,” tukasnya.

Berkaitan dengan kegiatan Pramuka, Abah Anton yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Kota Malang juga berpesan agar gerakan Pramuka harus lebih dipacu untuk mencapai visi besar yang sudah diemban selama ini. “Karena itu saya mengharapkan kepada seluruh jajaran gerakan pramuka utamanya anggota dewasa baik sebagai andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun instruktur agar merapatkan barisan untuk bekerja-sama secara sinergis dengan berbagai stakeholders baik pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat,” beber Abah Anton.

Tak lupa pula, Wali Kota Malang berharap melalui gerakan Pramuka, kaum muda Indonesia bisa berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berpikir dan bertindak, serta memiliki jiwa bela negara.

Peringatan Hari Pramuka ke 56 tahun di Halaman Balai Kota Malang tahun ini diikuti 1500 peserta dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Adapun tema besar yang diangkat yakni “Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa”.

Peringatan diramaikan dengan penampilan Tari Remo, Step Dance hingga penyematan penghargaan Darma Bakti, Karya Bakti, Melati, Pancawarsa dan Pramuka Garuda oleh Abah Anton kepada Penerima Penghargaan. (Ed/Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment