Kunjungan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI

Malang(8/9) – Pemerintah Kota Malang menerima kunjungan kerja dari Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI terkait mekanisme pengelolaan dan pemeliharaan gedung dan bangunan. Kegiatan ini yang bertempat di Ruang Rapat Staf Ahli Balaikota Malang. Rombongan yang berjumlah 21 orang dipimpin oleh Kepala Bagian Rumah Jabatan DPR RI Bapak Sutrisno, S.Sos, MM.

Acara dibuka oleh sambutan oleh Dr. Supranoto. M. Kes, Asisten Administrasi Umum. Dalam sambutannya ia menyampaikan terimakasih karena menjadikan kota malang sebagai tujuan dari kegiatan kunjungan kerja. Sehubungan dengan pengelolaan barang milik daerah termasuk didalamnya pemeliharaan dan perawatan gedung dan bangunan, Pemerintah Kota Malang berpedoman pada Permendagri no. 17 tahun 2007 yang telah diubah menjadi Permendagri no. 19 tahun 2016 tentang pedoman teknis pengelolaan barang milik daerah dan telah ditindak lanjuti dengan mengeluarkan perda Kota Malang no. 14 tahun 2008 tentang pengelolaan barang milik daerah. Mengingat barang milik daerah sebagai salah satu unsur penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat, maka barang milik daerah, harus dikelola dengan baik dan benar sehingga memberikan manfaat secara optimal dalam mendukung otonomi daerah.

“Penyajian aset milik daerah dalam laporan keuangan harus transparan dan akuntabel, agar pengelolaannya dapat dipertanggung-jawabkan kepada masyarakat, maka pemerintah menetapkan permendagri no.64 tahun 2013 tentang penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual pada pemerintah daerah” ujar Supranoto

Terkait dengan hal itu ketua pimpinan rombongan menyampaikan maksud dan tujuannya dalam kunjungan kerja ke Pemerintah kota Malang untuk melakukan study banding mengenai sistem pemeliharaan dan perawatan gedung dan bangunan di Pemerintah Kota Malang agar bisa dijadikan inovasi dan diterapkan di DPR RI. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi dialog dan tukar menukar cinderamata di akhir acara. (Lm/Ed)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment