Wawali Sutiaji Dikukuhkan Sebagai Ketua Panitia Kongres Nasional ISO COPOLCO

Malang – Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, dikukuhkan sebagai Ketua Panitia Kongres Nasional Perlindungan Konsumen dan ISO Committee on Consumer Polict (ISO COPOLCO) Internasional 2018. Acara pengukuhan dilakukan langsung Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf di Hall Utsman Bin Affan Lantai 7, Universitas Islam Malang (Unisma) pada Rabu (6/9).

Wakil Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN), Erna Ningsih, President Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia (LPKNI), Nanang Nilson, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso dan Rektor Unisma, Maskuri hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul, mengatakan jika lembaga standarisasi ini penting untuk meningkatkan daya saing produk di Indonesia. Sehingga, berbagai hal yang positif dalam sertifikasi ini bisa dijadikan rujukan bagi pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan bahkan juga penting untuk pelaku usaha.

“Hasil dan manfaatnya akan sangat berdampak baik bagi masyarakat, sehingga kita harus mendukung hal yang positif ini,” kata Gus Ipul.

Wakil Gubernur mengucapkan selamat atas pengukuhan panitia ini, dengan harapan mampu menjalankan amanah dan tugas dengan baik. “Dengan kongres ini kita bisa melakukan hal yang sama atas apa yang dilakukan oleh banyak negara lain di dunia,” pesannya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, berharap agar kebersamaan semua anggota yang tergabung dalam panitia even skala internasional bisa kuat sehingga mampu mensukseskan gelaran tersebut nantinya dan berdampak baik bagi masyarakat.

“Mari kita bersama menjaga dan menjalankan amanah ini dengan baik,” kata Sutiaji.

Terkait standarisasi, Sutiaji menekankan pentingnya informasi terkait dengan regulasi yang mengatur permasalahan ini. Bahkan, berbagai usulan memasukkan kearifan lokal sebagai bagian dari standarisasi nasional juga tercetus dan diharapkan mampu menjadi sumbangsih pemikiran kedepannya.

“Harapannya kongres ini menyampaikan beberapa hal kepada peserta sehingga bermanfaat utamanya bagi produsen dan konsumen serta instasi pemerintahan,” tandasnya.

Pelaksanaan Kongres Nasional Perlindungan Konsumen dan ISO Committee on Consumer Polict (ISO COPOLCO) Internasional rencananya akan digelar pada Mei 2018. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment