Pemkot Malang Menerima Peserta Diklat Teknis Keprotokolan Kabupaten Jepara

Malang – Rabu (6/9) Penerimaan OL peserta diklat teknis keprotokolan Kabupaten Jepara telah dilaksanakan di Ruang Sidang Balaikota Malang. Rombongan tersebut diterima oleh Asisten Administrasi Umum, dr. Supranoto, M.Kes dan Anita Sukmawati selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang. Sedangkan rombongan tamu yang berjumlah 50 orang dari Kabupaten Jepara tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan SDM, Slamet Budiharyoto, S.E dan Widiani, M.Ma dari TVRI Jawa Tengah.

Dalam sambutan walikota, Supranoto menyampaikan bahwa fungsi kehumasan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan keprotokolan, karena keduanya memiliki peran dalam meningkatkan pembentukan citra pemerintah daerah. “Protokol yang profesional adalah mereka yang menguasai pengetahuan, keterampilan, dan kode etik keprotokolan, mereka juga harus memiliki komitmen yang kuat dan konsisten sesuai integritasnya untuk memberikan pelayanan yang terbaik” Ujar Supranoto.

“Hal tersebut dilaksanakan sesuai dengan undang-undang nomor 9 tahun 2010, tentang keprotokolan, sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas keprotokolan” tambah Supranoto.

”Seiring hal tersebut, saya mengharapkan melalui kunjungan ini dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi timbal balik untuk saling bertukar informasi dan pengalaman. Mudah-mudahan apa yang baik di kota Malang dapat disampaikan dan disebarluaskan di Kabupaten Jepara. Demikian pula sebaliknya apa yang telah berjalan baik di Kabupaten Jepara, dapatnya dicontoh untuk dapat lebih meningkatkan pelayanan publik yang semakin baik di kota Malang.” tambah Supranoto.

Sementara dalam sambutan ketua rombongan diklat, Slamet menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan adalah melaksanakan observasi lapangan yang merupakan bagian dari kurikulum pelaksanaan diklat teknis keprotokolan. Kegiatan observasi lapangan ini dibagi menjadi 4 kelompok dan merupakan kesempatan bagi para peserta karena dapat mengambil hal-hal yang bersifat positif untuk diterapkan di Kabupaten Jepara.

Adapun rangkaian acara hari ini yakni setelah penerimaan di ruang sidang balaikota, rombongan diklat akan mencari data-data dari narasumber, selanjutnya data-data ini akan disusun sebagai bahan laporan observasi lapangan.

Acara dilanjutkan dengan tukar menukar cinderamata antara Pemerintah Kota Malang dengan Pemerintah Kabupaten Jepara yang kemudian diakhiri dialog dengan narasumber Kepala Sub Bagian Protokol Kota Malang, M. Fakhrurizal Hariez, S.STP. (Ed)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment