Seminar Nasional Memberantas Korupsi

Malang (30/8) – Sutiaji, Wakil Walikota Malang menjadi narasumber dalam Seminar Nasional Memberantas Korupsi dari Desa, Mewujudkan Masyarakat Sejahtera. Seminar ini berlangsung di Universitas Islam Malang (Unisma) di Hall Hasyim Asy’ari. Acara yang dihadiri 150 peserta, diawali dengan pengukuhan pengurus Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Malang Raya oleh Ketua Umum GMPK, Bibit Samad Rianto, Ph. D, yang juga mantan Wakil Ketua KPK.

Ketua GMPK Malang Raya yang baru dikukuhkan Abdul Aziz, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, calon pengurus GMPK Malang Raya telah bebas dari korupsi dan narkoba. Calon anggota sudah dilakukan tes urin dari BNN Jatim dan BNN Kota Malang.

“Selain melahirkan kader anti korupsi juga anti narkoba, inilah konsep kita dalam memerangi korupsi di Malang Raya,” tutur Abdul Aziz.

Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Masykuri Bakri, M.Si, mengatakan pembentukan pengurus GMPK Malang Raya merupakan kerjasama antara Fakultas Hukum Universitas Islam Malang (Unisma) dengan GMPK Pusat. Kerjasama ini sejalan dengan tujuan pusat kajian korupsi di Unisma.

“Ini adalah pilar dalam mengembangkan keilmuan di bidang hukum. Unisma saya harapkan bisa memberikan kontribusi di pengurus DPD GMPK Malang Raya,” ujar Masykuri.

Sutiaji dalam Seminar Nasional Memberantas Korupsi ini menyampaikan untuk mengurai akar masalah korupsi di Indonesia dengan dasar negara Pancasila yaitu sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Pemahaman agama yang sebatas simbol saja bukan substantifnya akan terjebak dengan korupsi.

“Hemat kami, saya teringat seperti pendapat Almarhum Gusdur yang pertama kita harus mengadakan pengampunan nasional karena kita sekarang ini aparat hukum saling menjerat, setelah itu membuat regulasi yang kuat, yang kedua potong satu generasi dan punggawanya adalah penegak hukum, hukum harus berjalan kuat, tegakkan hukum tajam ke atas dan ke bawah ini yang luar biasa” pungkas sutiaji. (EM)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment