Pelatihan Pembuatan Olahan Produk Pangan

Terus mendongkrak upaya kreativitas masyarakat Kota Malang dalam berwirausaha, Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang semakin giat dalam menggelar berbagai program. Kali ini dengan mengelar pelatihan pembuatan olahan produk makanan, di Hotel Pelangi, Kota Malang, Selasa (29/8).

Pelatihan yang juga merupakan pembinaan kemampuan dan ketrampilan kerja bagi usaha mikro ini dibuka langsung oleh Dra. Tri Widyani P., M.Si Kepala Dinas Koperasi dan UKM. Kegiatan diikuti sebanyak 120 peserta yang terbagi ke dalam dua program.

Tri Widyani mengungkapkan di bawah kepemimpinan Abah anton sapaan akrab Walikota Malang berkomitmen terus memajukan koperasi dan UKM. Termasuk kali ini dengan menggelar pelatihan bagi para pelaku usaha mikro agar semakin memiliki pengetahuan dan ketrampilan berwirausaha.

“Sebelum menjadi wali kota, Abah Anton bekerja sebagai wirausahawan. Ia ingin dari Kota Malang lahir semakin banyak wirausahawan-wirausahawan baru,” jelas Yani, panggilan akrab Tri Widyani, Selasa (29/8).

Yani menambahkan dengan kenyataan itu para peserta pelatihan harus memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk bisa menggali ilmu sebanyak-banyaknya. Dengan bekal ilmu pengetahuan yang cukup diharapkan para peserta bisa menjadi wirausahawan sukses.

Ketua pelaksana kegiatan pelatihan ini, Wahyu Widodo menyampaikan bahwa pelatihan yang diikuti 120 peserta ini akan terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama peserta mengikuti pelatihan membuat produk makanan olahan sementara itu kelompok kedua menjalani pelatihan sablon.

“Untuk produk olahan makakan peserta diberi materi pelatihan membuat bakmie sayur, bakso, jajanan kue modern dan menghias kue tart,” tegas Wahyu.

Pelatihan dilangsungkan selama tiga hari sampai dengan tanggal 31 Agustus. Meski pelatihan begitu singkat Wahyu berharap seluruh peserta mengikuti sebaikmungkin agar bisa mendapat banyak manfaat dari mengikuti kegiatan.

Agar peserta bisa menyerap pengetahuan dengan sebaik mungkin panitia juga menghadirkan para narasumber yang berkompeten. Diantaranya Irfan fatoni yang membawakan materi membangun wirausaha tangguh dan mandiri, Indah Dewi Nurhayati membahas strategi pemasaran bisnis, Winarto dengan materi kewirausahaan, Vicky Arief Heinadharma dengan materi business model canvas. (cah/EM)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment