Sambut Idul Adha, Pemkot Malang persiapkan Daging Kurban ASUH

Malang (24/8)- Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang melaksanakan serangkaian kegiatan yang mendukung perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 H. Pemerintah berharap agar masyarakat Kota Malang dapat menjalankan ibadah Idul Adha khususnya penyembelihan hewan kurban dengan baik dan benar. Serangkaian kegiatan tersebut dimulai dari sebelum hari raya 21 Agustus 2017 sampai dengan setelah hari raya 4 September 2017.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang menyampaikan bahwa menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 H melaksanakan kegiatan diseminasi Juleha, pasar kaget, pemeriksaan sebelum dan sesudah penyembelihan hewan kurban. “ Pemeriksaan Antemortem (sebelum) dan Postmortem (sesudah) di tempat penyembelihan dengan tujuan agar daging kurban yang dihasilkan adalah ASUH yaitu Aman, Sehat, Utuh, dan Halal” ujar Sri Winarni, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Kegiatan sebelum perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini dimulai dengan diseminasi Juleha (Juru Sembelih Hewan Halal). Kegiatan yang dilaksanakan dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan ini dilaksanakan mulai 21 – 25 Agustus 2017 di Hotel Pelangi dan praktek di RPH (Rumah Potong Hewan) Kota Malang. Sasaran kegiatan Juleha ini adalah juru sembelih hewan di Musholla, Masjid atau tempat penyembelihan lain di wilayah Kota Malang.

“Pemeriksaan Hewan di Penjual Hewan Kurban atau yang biasa kita sebut Pasar Kaget di lima kecamatan Kota Malang akan dilakukan pada tanggal 28 – 30 Agustus 2017” ujar Sri Winarni. Pemeriksaan ini bertujuan agar hewan kurban yang dijual memenuhi kriteria sesuai dengan peraturan yang berlaku serta dapat diberikan Label Sehat Dan Cukup Umur (Poel). (Aj/Lm)

pengurus masjid di Malang dilatih sembelih hewan

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment