Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih

Malang-Kamis, (17/8) Pemerintah Kota Malang melaksanakan peringatan detik-detik Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dan Upacara pengibaran bendera merah putih di halaman depan Balaikota Malang. Mayor Inf. Sunardi dari Rindam V/Brawijaya bertindak Komandan Upacara dan Walikota Malang, H. Moch. Anton menjadi Inspektur Upacara. Hadir Wakil Walikota Malang, FORKOPIMDA (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) beserta istri, DPRD Kota Malang, Tokoh Agama, mantan Walikota/Wawali/Sekda dan Kepala OPD Kota Malang.

Gotong royong sudah menjadi akar dari kebudayaan kita yang merupakan perwujudan harmoni kebersamaan yang telah menjadi perekat sosial tanpa memandang ras, suku dan agama untuk mencapai tujuan yang luhur. Kebersamaan menjadi tema yang diangkat sebagai semangat pada perayaan 72 tahun Indonesia Merdeka Tahun 2017 ini. Melalui semboyan kebersamaan ini pula masyarakat diingatkan untuk kembali bersama-sama bersatu dalam perbedaan dan melanjutkan perjuangan untuk menjadi bangsa yang terhormat, bangsa Indonesia.

Pada kesempatan ini, diberikan 13 penghargaan kepada masyarakat, pimpinan perusahaan atas komitmen pada pembangunan Kota Malang melalui CSR (Corporate Social Responsibility) dan keperdulian lingkungan serta FORPIMDA Kota Malang atas komitmen bersama menjaga keamanan dan kenyamanan menuju Kota Malang yang Bermartabat.

Selanjutnya peserta Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih disuguhi penampilan sosio drama dari SMAK Kolese Santo Yusup bekerjasama dengan Kodim 0833/Kota Malang yang mengambil tema “Perjuangan Arek Malang” yang diawali dengan suara ledakan TNT menggelegar. Drama 15 babak ini bercerita mulai dari peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945 sampai dengan perjuangan pahlawan Asal Malang Mayor Hamid Rusdi pasca Kota Malang dikuasai Belanda tahun 1948. Semoga dengan sosio drama ini, kita dapat mewarisi jiwa kepahlawanan para pejuang, sekali merdeka tetap merdeka. (EM)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment