Kampung Putih Destinasi Wisata Baru di Kota Malang

Malang – Kesuksesan Kampung Warna-warni di Kelurahan Jodipan dan Kampung Glintung Go Green (3G) menginspirasi tumbuh dan berkembangnya kampung tematik serupa di beberapa titik Kota Malang. 

Kawasan RW 06 Kelurahan Celaket di Jalan Jaksa Agung Suprapto kini terdapat kampung wisata baru, yakni “Kampung Putih”. Sesuai dengan namanya, semua rumah dan kawasan yang ada di kampung ini dicat dengan warna putih sehingga nampak anggun dan bersih. 

Guna memikat wisatawan, di kampung ini juga diberikan beberapa ornamen dan spot untuk berfoto selfie. Kampung Putih memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Kampung Warna-warni karena letaknya berada di dekat bantaran sungai. 

Kesan kumuh yang ada di kawasan bantaran sungai itu kini berhasil disulap menjadi kampung yang indah dan bersih. Guna mewujudkannya Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) bekerjasama dengan PT Inti Dayaguna Aneka Warna (Decofresh) yang menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR). Perusahaan cat itu sebelumnya juga berkontribusi mengecat Kampung Warna Warni di Jodipan dan kini sedang mengecat Kampung Arema dan membangun jembatan kaca.

Peresmian Kampung Putih sebagai destinasi wisata baru ini dihadiri langsung Wali Kota Malang,  H.  Moch Anton, Ketua Dandim 0833, Letkol (Inf) Nurul Yaqin, Ketua TP PKK Hj. Farida Dewi Suryani, vice president PT Inti Dayaguna Aneka Warna, Steven Sugiarto serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Wali Kota Malang, H. Moch Anton, mengatakan jika keberadaan Kampung Putih ini merupakan bukti jika masyarakat mampu berinovasi dengan baik.

“Ini juga menunjukkan jika masyarakat ini ingin mengubah lingkungan dan pola pikir mereka,” kata Abah Anton.

Munculnya kolaborasi antara masyarakat, pemerintah dan pihak ketiga yakni perusahaan sangat baik dalam upaya untuk membangun kota di masa mendatang.

Selama ini, lanjut Abah Anton pemetintah selalu menjembatani dan memfasilitasi inovasi dan ide yang lahir dari masyarakat sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang positif bagi warga.

“Saya harap Kampung Putih ini membawa dampak positif bagi tumbuh kembang perekonomian warga,” tukasnya.

Vice President PT Inti Dayaguna Aneka Warna, Steven Sugiarto menegaskan jika pihaknya selama ini selalu mendukung perkembangan kampung tematik di Kota Malang.

“Harapannya bantuan CSR dari kami bisa bermanfaat dan membawa sesuatu yang positif bagi warga,” ujarnya.

Ketua RW 06, Gendut Santoso mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Malang yang telah merubah wajah kawasan itu menjadi Kampung Putih yang punya nilai jual.

“Kami berharap ada perubahan perilaku dalam hal kebersihan dan sebagainya. Kami berharap kebiaasan warga membuang sampah berkurang dan perilaku warga bisa seputih kampungnya,” kata Gendut Santoso. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment