55 Kota Ikuti Pawai Budaya Apeksi 2017 di Kota Malang

Malang – Mengambil start di depan Gereja Ijen dan berakhir di Jalan Semeru Malang, Pawai Budaya Apeksi 2017 dilaksanakan pada hari Rabu (19/7).

Pawai budaya yang diikuti oleh 5600 peserta dari 55 Kota se Indonesia tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Malang, H. Moch Anton dengan didampingi oleh Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani.

Hadir pula pada kegiatan tersebut adalah Ketua Apeksi periode 2016 – 2020, Airin Rachmi Diany beserta seluruh Walikota anggota Apeksi se Indonesia dengan membawa masing-masing delegasinya.

Dalam sambutannya, Walikota Malang yang biasa disapa Abah Anton tersebut menyampaikan bahwa Kota Malang adalah miniatur budaya di Indonesia, karena ada banyak ragam budaya yang hadir di kota Malang. “Banyaknya pendatang yang ada di Kota Malang menyebabkan kota Malang menjadi kota yang sarat akan budaya daerah” jelas Abah.

Melalui kegiatan pawai budaya ini, lanjut Abah Anton diharapkan tidak saja dapat menghibur masyarakat, agar kita tidak saja menyukai secara fisik tampilan seni budaya dimaksud, namun juga mampu menumbuhkan kecintaan terhadap budaya bangsa sendiri, yang sebenarnya juga memiliki makna serta implementasi lebih mendalam, terutama apabila dikaitkan dengan rasa nasionalisme.

Pelaksanaan Apeksi tahun 2017 di Kota Malang ini menjadi sejarah tersendiri bagi perjalanan pembangunan di Bhumi Arema selain karena dilaksanakan pertama kalinya di Kota Malang; Abah Anton menilai bahwa jika ingin melaksanakan lagi kegiatan Rakernas Apeksi, maka Kota Malang harus menunggu 98 tahun lagi. (Ts/Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment