Kemenkominfo Mengajak UMKM Kota Malang Go Online Melalui Tokopedia

Malang – Pemerintah Kota Malang menerima tamu dari Kementerian Kominfo, Bambang Tri Santoso, S.Sn, Rizki Amelia, SS., M.SI, dan Zainal A., Ph.D. Selain itu hadir pula pengusaha bisnis online Tokopedia yakni Deo Nathaniel bersama Gatot Wahyu dari Komunitas Pahlawan Digital. Kunjungan tamu di Kota Malang tersebut diterima secara resmi oleh Walikota Malang, H. Moch Anton dengan didampingi oleh Asisten Administrasi Perekonomian, Asisten Administrasi Umum, dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang. Acara tersebut berlangsung di Ruang Rapat Walikota Malang pada Kamis (6/7), dalam rangka edukasi program “UMKM Go Online to One Million”.

Pemerintah Kota Malang terus berupaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi riil dengan meningkatkan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Oleh karena itu, Pemerintah Kota malang berupaya meng-online-kan UMKM Kota Malang demi membangun ekonomi digital di Kota Malang.

Potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Malang memiliki daya tarik tersendiri bagi penyedia platform online. “Kota Malang adalah penyuplai produk terbanyak di Tokopedia, dan UMKM yang sudah Go Online hanya 3%”, ujar Deo Nathaniel dalam rapat tersebut. Oleh karena itu, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Komunitas Digital serta Tokopedia bekerjasama mengadakan workshop edukasi bagi para UMKM Kota Malang untuk memasuki platform online.

Tanggapan baik telah disampaikan oleh dr. Supranoto, M.Kes. “Program ini sangat perlu ditindaklanjuti, karena peningkatan UMKM jika tidak dibantu Pemerintah Kota maupun Pemerintah Pusat mereka akan tetap kembang kempis”, ujar Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Malang tersebut.

“Karena dari jumlah 70.000 pengusaha di Kota Malang, 90% diantaranya adalah pengusaha micro”, imbuhnya.

Ir. Budi Herwanto, MT selaku Asisten Perekonomian Pemerintah Kota Malang berharap program UMKM Go Online to One Million ini nantinya dapat dijadikan program berkelanjutan UMKM di Kota Malang. (Ay)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment