Presiden Joko Widodo Resmikan SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur

Malang – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur, di Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang. 

Dalam kesempatan itu, hadir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, jajaran TNI -Polri hingga Wali Kota Malang, H. Moch Anton. 

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo, menegaskan, Indonesia pada tahun 2030 akan mengalami bonus demografi, yang ditandai dengan jumlah usia produktif di atas 60 persen. 

Kondisi itu, menurut presiden bisa menjadi keuntungan bagi Indonesia, jika Sumber Daya Manusia (SDM) para anak bangsa disiapkan dari saat ini. 

“Namun jika tidak disiapkan dengan baik akan jadi kontraproduktif, menjadi masalah dan beban negara,” kata Presiden dalam sambutannya. 

Ditegaskan pula, peningkatkan SDM memegang peranan yang sangat penting di masa mendatang, dikarenakan perubahan yang terjadi di dunia saat ini sangat cepat dan menurut Presiden, Indonesia harus mampu mengejar ketertinggalan tersebut. 

“Karena itu dengan hadirnya sekolah SMA Taruna Nala di Malang, Jawa Timur ini diharapkan bisa memproduksi SDM handal yang berani bersaing dengan negara lain,” tuturnya. 

Kepala Negara pada kesempatan itu juga berpesan agar warga tidak menggunakan energinya untuk saling menyalahkan, saling menghujat di media sosial, saling memfitnah dan menyebar berita ‘hoax’ karena perbuatan itu sangat tidak produktif dan membuat bangsa Indonesia tertinggal dari negara lain. 

“Perubahan di dunia ini sangat cepat. Saat ini bangsa lain sudah bicara bagaimana Tesla, pengelolaan ruang angkasa, dan hal produktif lainnya. Ini yang harus kita kejar. Energi bangsa harus diarahkan pada optimisme serta hal-hal positif, pikiran yang positif,” ungkap Presiden Joko Widodo. 

Mengakhiri sambutannya, Presiden juga meminta kepada para tenaga pendidik agar bisa menyiapkan putra putri bangsa dalam menatap masa mendatang. “Putra putri kita harus diisi otaknya dan juga jiwanya,” pesan Presiden. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, mengatakan SMA Taruna Nala Jawa Timur ini memiliki misi untuk mewujudkan SDM yang handal serta meningkatkan kualitas melalui pendidikan berdaya inovatif. 

“Sekolah ini sudah mendapatkan sambutan positif karena banyak pendaftar dari warga Jawa Timur,” Kata Soekarwo. (Sa/Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment