KH. Ma’ruf Amin Dikukuhkan Sebagai Guru Besar UIN

Malang – Rais Amm Pengurus Besar Nahdathul Ulama’ (PBNU), KH. Ma’ruf Amin, Rabu (24/5) dikukuhkan sebagai guru besar Bidang Ekonomi Muamalat Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang. 

Acara pengukuhan tersebut dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Menteri Sosial, Khofiffah Indar Parawansa dan Menristek Dikti, Mohammad Nasir hingga Wali Kota Malang, H. Moch Anton, Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji beserta tamu undangan yang lainnya. 

Prof. Dr.  (H.C.) Ma’ruf Amin dalam orasi ilmiahnya mengetengahkan tentang pentingnya ekonomi syariah dalam roda perekonomian nasional. 

Orasi ilmiah dengan judul “Solusi Hukum Islam (Makharij Fiqhiyah) Sebagai Pendorong Arus Baru Ekonomi Syariah di Indonesia (Kontribusi Fatwa DSN-MUI dalam Peraturan Perundang-undangan RI) menjabarkan jika ekonomi syariah kini tumbuh menjadi sektor yang sangat potensial dalam menciptakan kesejahteraan di Indonesia. 

Ekonomi syariah selain pemenuhan kebutuhan spiritualitas bagi umat Islam juga dapat menjawab kebutuhan berekspresi dalam ekonomi. Meski dalam perintisannya tidak mudah dan tidak murah, menurut KH. Ma’ruf Amin, namun kini ekonomi syariah sudah memiliki landasan yang kuat baik sisi fatwa aturan hingga infrastruktur. 

“Segala kendala dan hambatan terkait ekonomi syariah juga sudah mulai berangsur dikikis dengan baik,” kata KH. Ma’ruf Amin. 

Pada kesempatan itu, KH. Ma’ruf Amin juga mengurai secara rinci berbagai kaidah fikih berkaitan dengan ekonomi syariah yang dalam perjalanannya memunculkan fatwa sebagai landasan bagi terselenggaranya aspek tersebut. Lahirnya lembaga keuangan syariah, seperti bank syariah dan sejenisnya,  tak lain hadir dari kajian mendalam dari hukum Islam dan dikolaborasikan dengan aturan lembaga terkait, semisal Bank Indonesia. 

“Fatwa DSN-MUI yang dirumuskan dengan menggunakan terobosan  dan solusi fikih ini menjadi trigger yang menimbulkan efek berantai baik dari sisi aturan perundangan,  pembentukan kelembagaan dan akhirnya membentuk arus era baru ekonomi syariah di Indonesia,” bebernya. 

Usai berorasi ilmiah, Prof. Dr. (H. C.) Ma’ruf Amin mendapat ucapan selamat atas raihan akademik dengan dikukuhkan sebagai guru besar dari berbagai kalangan.  Presiden Joko Widodo yang hadir dalam kesempatan itu mengucapkan selamat kepada KH. Ma’ruf Amin. 

Sementara itu, Wali Kota Malang,  H. Moch Anton juga turut mengucapkan selamat kepada KH Ma’ruf Amin. Wali kota yang akrab disapa Abah Anton itu berharap ekonomi syariah bisa menjadi solusi dalam menggerakkan roda ekonomi dalam skala nasional. 
“Semoga ilmu yang sudah beliau (KH. Ma’ruf Amin) bermanfaat bagi masyarakat. Saya atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Malang mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Prof. Dr. (H. C.) Ma’ruf Amin sebagai guru besar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,” kata Abah Anton.  (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment