Duta Budaya Kota Malang Pukau Peserta Muskerwil IV Apeksi Mataram

Mengambil judul sendratari “Ontran Ontran Puspo Geni” duta budaya kota Malang memukau para tamu Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di acara welcome dinner yang digelar Pemerintah Kota Mataram selaku tuan rumah.
Dituturkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Sri Wahyuni, seni pertunjukan Ontran-Ontran Puspo Geni adalah sebuah sajian pertunjukan yang mengkolaborasikan seni tari tradisi, seni kuda lumping, seni pencak silat, seni wayang topeng Malangan, seni musik tradisi, seni musik percusi, yang menunjukan keanekaragaman budaya Malangan, yang mencerminkan jati diri budaya bangsa yang tangkas, tangguh, dan trengginas.
“Berlatar belakang cerita masa kerajaan Kajuruhan (abad 6 masehi) dengan rajanya Prabu Gajayana, sendratari Ontran Ontran Puspo Geni membawa pesan kebaikan akan mengalahkan kebathilan, seperti kalimat penyemangat untuk kota Malang sendiri, Malang Kucecwara, “ujar Ida Ayu.
Didukung 33 penari dan penabuh (pengrawit) yang tergabung dalam Sanggar Genaro Ngalam binaan Agus Mardianto, mengundang aplaus penonton kala kolaborasi seni pencak silat berpadu dengan seni jaranan dan dikreasi dengan permainan kembang api.
Atraksi budaya dari kota Malang, bagian dari rangkaian Muskerwil IV Mataram (16 s/d 18 Mei) yang meliputi pameran UMKM, pawai budaya, musyawarah kerja dan penanaman pohon oleh 13 Kepala Daerah wilayah IV Apeksi.
Rombongan Pemkot Malang dipimpin Wakil Walikota Malang Sutiaji, dengan membawa delegasi budaya dan UMKM, sekaligus membawa misi sukses sambut Rapat Kerja Nasional Apeksi yang akan digelar di kota Malang pada tanggal 11-13 Juli 2017.

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment