DP3AP2KB Gelar Final Pemilihan Perempuan Inspiratif Kota Malang

Malang – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Malang, menggelar final ‘Pemilihan Perempuan Inspiratif Kota Malang’ Tahun 2017 di Hotel Gajahmada, Rabu (26/4) malam.

Wali Kota Malang, H. Moch Anton beserta Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Farida Dewi Suryani, menyaksikan langsung perhelatan pemilihan perempuan inspiratif tersebut.

Acara yang digelar untuk memperingati Hari Kartini itu diikuti sebanyak 20 finalis yang telah melalui tahap seleksi sejak 17 April lalu. Tujuannya, untuk mengapresiasi para perempuan di Kota Malang yang sudah berjasa dalam memberikan sumbangsih baik berupa pikiran dan tenaga kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kota Malang, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan yang konstruktif tersebut.

“Kegiatan ini sebagai upaya dalam memberikan dorongan dan motivasi bagi kaum perempuan di Kota Malang untuk ikut aktif berperan serta dalam pembangunan di segala bidang kehidupan melalui inovasi dan daya kreatifnya,” kata Umi Farida.

Pada zaman saat ini, lanjut Umi Farida, perempuan memiliki peluang dan kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam berbagai bidang kehidupan. Kondisi itu memupus fakta masa lalu dimana perempuan kerap dijadikan kaum nomor dua.

“Namun kini,  perempuan dari kaum marjinal pun memiliki kesempatan, selama dia bisa mengakses fasilitas yang ada melalui jenjang pendidikan dan karir yang ditekuninya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Umi Farida juga berpesan kepada para perempuan agar tidak melupakan tiga hal yang menjadi perannya yakni sebagai seorang putri, seorang istri, dan juga menjadi seorang ibu.

“Meskipun terdengar sederhana ketiga, peran ini memiliki tanggung jawab yang besar,” tandasnya.

Walau memiliki tanggung jawab yang besar dalam kehidupannya, ternyata perempuan selama ini masih bisa memberi inspirasi bagi masyarakat. “Keberhasilan perempuan tentu tak lepas dari daya juang dan semangat yang tidak pernah putus,” ungkapnya.

Karena itu menurut Umi Farida, penghargaan yang diberikan kepada kaum perempuan ini tak lain merupakan bentuk apresiasi atas prestasi  kreatif dan inovatif.

“Pada sisi lain, saya berharap raihan penghargaan ini hendaknya dapat menjadi pemacu bagi diri untuk melangkah ke arah yang lebih baik lagi, guna mencapai prestasi terbaik sehingga dapat memberikan kontribusi dalam mendukung program pembangunan di berbagai bidang kehidupan,” pesan Umi Farida. 

Dalam ajang tahun ini warga Bumiayu, Sri W Ningsih dinobatkan sebagai perempuan inspiratif Kota Malang tahun 2017.  (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment