Sosialisasi Fasilitas KITE-IKM

Rabu, 26 April 2017, bertempat di Ruang Rapat Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai menggelar Sosialisasi Fasilitas Kemudahan Import Tujuan Ekspor – Indsutri Kecil Menengah (KITE-IKM). Sosialisasi ini akan digelar selama 2 hari, 26-27 April 2017. Acara yang dihadiri sebanyak 70 orang, peserta ini dari para tamu undangan pelaku IKM yang ada di Malang Raya ini. Adapun untuk narasumber Sosialisai ini dari Bapak Nelson sebagai Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan, Bapak Edy Riyanto sebagai Kepala Seksi fasilitasi kepabeanan I, Bapak Fathony Kurniawan sebagai Kepala Seksi fasilitasi kepabeanan II.

Bea Cukai merupakan salah satu unit yang melaksanakan paket kebijakan ekonomi Presiden Jokowi. KITE-IKM merupakan salah satu paket implementasi yang ada dalam kebijakan pertama tahun 2015, adalah untuk memberikan fasilitas untuk usaha kecil menengah (UKM) yang selama ini hanya dinikmati oleh para usaha-usaha besar. Fasilitas kemudahan impor untuk tujuan ekspor, pengusaha-pengusaha kecil dibantu untuk memeperoleh bahan baku yang mungkin tidak di dapat di Indonesia sehingga harus mendatangkan bahan pembatu atau mesin-mesin.

Tujuan utama diadakannya sosialisasi ini adalah meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri, melalui pemberian fasilitas di bidang kepabeanan dan cukai yang tepat sasaran. Sedangkan misi dari kegiatan ini adalah memfasilitasi perdagangan dan industri, menjaga perbatasan dan melindungi masyarakat Indonesia dari penyelendupan dan perdagangan illegal, mengoptimalkan penerimaan Negara di sektor kepabeanan dan cukai.

Materi yang disampaikan Edi Riyanto adalah menjelaskan tata laksana dan bagaimana proses penyelenggaraan IKM akan berlangsung sampai produk yang siap untuk di ekspor.
Dalam sosialisasi tersebut juga dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pengisian quisioner bagi para peserta IKM yang akan bergabung dalam program fasilitas KITE-IKM. (Pr/Ct)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment