Wawali Sutiaji Dianugerahi Gelar KRT Dari Karaton Surakarta Hadiningrat

Solo-Kanjeng Raden Tumenggung,(KRT/Kriyonegoro, dalam bahasa Jawa), merupakan gelar kehormatan kepada pemimpin yang selalu berkarya untuk kemajuan, kemakmuran negeri dan rakyatnya. Juga kepada pemimpin yang selalu menjaga keberagaman, adat dan budaya.‬

Jumat Malam 21 April 2017, Wakil Walikota Malang mendapat anugerah gelar Kanjeng Raden Tumenggung Drs. H. Sutiaji Dipuro dari Keraton Surakarta Hadinigrat. Penganugerahan gelar tersebut diberikan oleh Raja Surakarta Hadiningrat Pakoeboewono XIII dalam acara wisuda prosesi pelantikan gelar di ruang Ndalem Kalitan Keraton Surakarta Solo.

Sutiaji menyatakan rasa bahagia sekaligus bangga atas anugerah yang diberikan Keraton Surakarta tersebut. “Saya merasa terhormat menerima anugerah gelar Kanjeng Raden Tumenggung ini. Tapi ini merupakan gelar yang bukan hanya terhormat, tapi juga memiliki tanggungjawab sebagai seorang pemimpin. Saya berharap dengan gelar ini, kedepan saya bisa lebih semangat dan amanah,” pungkasnya.

Penganugerahan dilaksanakan dengan sebuah prosesi Kekeratonan Surakarta yang sangat sakral. Dengan memakai busana beskap lengkap bak seorang pangeran, kemudian disumpah untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat, serta menjaga nama baik Keraton Surakarta. Selepas itu, esok hari (hari ini sabtu,22/04/2017) diundang untuk silahturahmi resmi dengan raja-raja Keraton Solo di Sasana Wilapa Keraton dan melihat sekeliling Keraton Surakarta Hadiningrat. (EM)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment