Pemkot Malang Tandatangani Kerjasama dengan Fuqing

Malang – Pemerintah Kota Malang bersama dengan Pemerintah Kota Fuqing, Republik Rakyat Tiongkok melakukan penandatanganan kerjasama ‘Sister City’ di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Senin (17/4).

Penandatanganan kerjasama dilakukan langsung Wali Kota Malang H. Moch Anton serta Wali Kota Fuqing, Zhang Fan dan disaksikan langsung perwakilan dari dua daerah tersebut.

Kerjasama ‘Sister City’ itu menyasar beberapa hal termasuk bidang perdagangan, pendidikan, pariwisata, kebudayaan dan beberapa hal lainnya. Wali Kota Malang, H. Moch Anton dalam sambutannya menyampaikan penghargaan karena telah mempercayakan kerjasama itu dengan Kota Malang.

“Semoga kedepannya mampu menjalin kemitraan dan program kerjasama yang dapat menopang kemajuan pembangunan serta hubungan kemasyarakatan diantara dua Negara” ujar Abah Anton.

Dijelaskan pula, jika Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur, dimana pembangunan bidang pendidikan menjadi prioritas utama. Pengembangan dalam bidang pendidikan terus dilakukan seperti pada pendidikan vokasi, pendidikan inklusif dan sekolah model.

Bahkan, sebagai kota pariwisata, Malang banyak ditopang berbagai aspek sarana dan prasarana seperti hotel, rumah makan, jasa traveling, pusat perbelanjaan, dan pasar wisata.

Selain itu, Pemkot Malang terus berupaya mengoptimalkan langkah menciptakan lingkungan yang lebih hijau, asri dan indah dengan merenovasi taman kota serta ruang terbuka hijau dengan menggandeng berbagai perusahaan swasta dan perbankan.

“Bantuan itu dituangkan dalam bentuk CSR sehingga tidak membebani APBD,” ungkap Abah Anton.

Sementara itu, Wali Kota Fuqing, Zhang Fan, mengatakan jika kerjasama dengan Pemkot Malang merupalan peristiwa yang luar biasa guna menjalin hubungan bilateral yang baik.

“Kehadiran saya disini mewakili Komite di Fuqing serta 1,35 juta penduduk untuk kerjasama dengan Kota Malang,” kata Zhang Fan.

Dalam kesempatan itu, Zhang Fan menjelaskan jika Kota Fuqing memiliki sumber daya alam yang sangat besar disamping sumber dana masyarakat yang cukup melimpah dan merupakan salah satu daerah dengan perkembangan ekonomi yang paling bergairah di Tiongkok.

Hubungan Kota Malang dengan Fuqing, lanjut Zhang Fan sudah terjalin dengan sangat erat, hal itu ditunjukkan dengan banyaknya warga dari daerah itu yang merantau ke beberapa negara khususnya termasuk di Kota Malang.

“Sejak tanggal 15 Desember 2015 rombongan dari Kota Malang sempat berkunjung ke Fuqing mengadakan kunjungan kerja dan menandatangani nota kesepahaman kedua belah pihak,” kata Zhang Fan.

Tak hanya itu, Zhang Fan menambahkan, berdasarkan rekomendasi bidang urusan perantauan di Fuqing, maka disepakati untuk meningkatkan hubungan dari kerjasama persahabatan memasuki tahap menguntungkan bagi kedua belah pihak.

“Ini sekaligus melambangkan pertukaran dan kerjasama memasuki era baru yang lebih luas dan lebih mencapai sasaran. Apalagi saat ini Fuqing sedang memasuki tahap perkembangan yang cepat,” urainya.

Ia berharap kerjasama ini dapat memberikan dampak positif bagi dua daerah sehingga tujuan bersama dapat direalisasikan dengan baik dan maksimal. (Sa/Sr)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment