Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Jambore Onthel Nasional Doea Kembali Digelar di Kota Malang

Malang – Ribuan pesepeda onthel dari berbagai penjuru daerah menghadiri acara “Jambore Onthel Nusantara Doea”, pada Minggu (9/4).

Kegiatan jambore ini dimeriahkan pawai sepeda onthel yang diberangkatkan langsung Sekertaris Daerah Kota Malang, Idrus bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Nuzul Nurcahyo dengan start di halaman luar Stadion Gajayana.

Menempuh jarak sekitar 17 kilometer sekitar 5 ribu lebih ‘onthelis’ itu melewati rute dari Stadion Gajayana, Jalan Kawi, menuju kawasan tengah kota dan kembali finish di Stadion Gajayana. 

Sekda Kota Malang, Idrus, mengatakan, acara jambore ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke 103 Kota Malang. “Acara ini sangat positif sekali karena merupakan ajang silaturahmi bagi para pesepeda onthel di Indonesia,” kata Idrus. 

Ia menambahkan, keberadaan komunitas sepeda onthel khususnya di Kota Malang perlu mendapat suport dari Dispora agar mereka bisa menyalurkan hobi dengan baik. “Selain hobi juga menyehatkan dan masuk dalam olahraga rekreasi,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dispora, Nuzul Nurcahyo, mengatakan jika pihaknya selama ini sudah mendukung penuh Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kota Malang yang merupakan wadah berkumpulnya para ‘onthelis’. 

“Dispora sudah bekerjasama dengan Kimia Farma untuk pengembangan Kosti dan berbagai kegiatan juga sudah dilakukan termasuk jambore ini,” kata Nuzul. 

Ketua Kosti Jawa Timur, Purnomo SR, menegaskan jika Kota Malang merupakan barometer di Jawa Timur karena memiliki komunitas yang besar dan berhasil menggelar jambore nasional untuk kedua kalinya. 

“Kami berharap acara seperti ini ada lagi tahun depan karena pesertanya tidak saja dari Jawa melainkan sampai Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan sebagainya,” kata Purnomo. (Sa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *