Abah Anton Buka Gelaran Lomojari 2017 Di SMP Terbuka Negeri 3 Malang

Malang – Dinas Pendidikan Kota Malang kembali menggelar Lomojari (Lomba Motivasi Belajar Mandiri) tahun 2017 yang dilaksanakan pada hari Rabu (5/4) di SMP Terbuka Negeri 3 Malang yang terletak di SMP Negeri 14 Malang kawasan jalan Teluk Bayur No. 2.

Gelaran lomba yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini merupakan wahana mengeksplorasi potensi peserta didik SMP Terbuka Negeri (SMPTN) di Kota Malang. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Malang H. Moch. Anton dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah, MM.

Dalam sambutannya Walikota Malang yang akrab disapa Abah Anton itupun menyampaikan rasa bangganya atas kemampuan siswa siswi SMPTN di Kota Malang yang telah memiliki keterampilan khusus baik di bidang tata boga maupun tata busana sehingga mereka mampu berwirausaha secara mandiri. “Kemampuan anak-anak didik kita ini sangat luar biasa dan telah berdaya saing; hal ini merupakan kebanggaan bagi kita semua” ujar Abah.

“Saya menginginkan agar anak-anak kita dapat hidup lebih mandiri dan memiliki kreativitas tinggi; oleh karenanya peran serta sekolah dan tenaga pengajar sangat penting dalam rangka mensukseskan hal tersebut” tegas Abah.

Abah Anton juga berpesan agar anak-anak didik di SMPTN terus berusaha dan belajar untuk meningkatkan kemampuan diri serta kreativitas sehingga mampu menghadapi persaingan global yang makin ketat.

Disisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah menyatakan bahwa saat ini Kota Malang memiliki lima SMPTN yang tempat proses belajar mengajarnya masih menginduk pada SMP Negeri. Seperti SMPTN 1 menginduk pada SMPN 2, SMPTN 2 menginduk di SMPN 16, SMPTN 3 induknya berada di SMPN 14, SMPTN 4 menginduk di SMPN 17 dan SMPTN 5 proses belajar mengajar dan pengelolaannya menginduk di SMPN 18.

Lebih lanjut Zubaidah menuturkan bahwasannya peserta didik SMPTN ini rata – rata berasal dari keluarga kurang mampu namun memiliki semangat yang tinggi untuk belajar. Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pendidikan mengapresiasi hal itu dengan selalu memberikan pemenuhan sarana prasarana dan juga kebutuhan belajar mereka. Salah satunya dengan memberikan dua stel seragam secara gratis pada peserta didik SMPTN setiap tahunnya.

Lomojari tahun 2017 ini digelar sebagai wujud apresiasi dari hasil belajar siswa siswi SMPTN. Gelaran lomba ini diwarnai dengan gelaran lomba cerdas cermat sebagai tolak ukur kemampuan siswa SMPTN pada bidang akademik, lomba tari dan juga lomba ketrampilan atas produk kerajinan yang menjadi ciri khas di masing masing SMPTN.

Usai kegiatan ceremonial dilangsungkan, para tamu undangan disuguhi dengan berbagai macam atraksi pentas seni dari peserta didik SMPTN. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment