Wawali Tinjau Langsung Lokasi Banjir dan Tanah Longsor di Wilayah Kelurahan Pandanwangi

Malang – Pasca hujan deras yang berlangsung mulai siang hingga malam hari kemaren, berdampak banjir dan tanah longsor di beberapa titik rawan di Kota Malang.

Selasa siang (4/4) Wakil Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji dengan didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Malang, Dr. Idrus Achmad, M.Si menyempatkan turun langsung meninjau lokasi banjir dan tanah longsor di wilayah kelurahan Pandanwangi.

Lokasi pertama yang menjadi tujuan adalah Taman Pandanwangi yang terletak persis di pinggiran sungai. Beberapa fasilitas umum dan penerangan (PJU) mengalami kerusakan akibat tergerus arus air.

Beberapa rumah penduduk sekitar juga mengalami kerusakan serta kerugian secara materiil.

Pada lokasi kedua, Wawali yang biasa di sapa Sutiaji tersebut mengunjungi perum kartika asri rt 5 rw 12 kel. pandanwangi kec. blimbing; dimana pada lokasi tersebut juga telah terjadi tanah longsor di pemukiman penduduk.

Tanah longsor yang letaknya juga di bantaran sungai tersebut terjadi akibat tergerus arus air sungai yang pada saat hujan berlangsung mengalami peningkatak debit air.

Menurut Sutiaji, Kota Malang saat ini mengalami siklus banjir tahunan; oleh karenanya sempadan sungai yang terlihat aman juga masih bisa mengalami banjir dan tanah longsor.

“Penyebab kedua terjadinya banjir adalah karena adanya timbunan sampah yang menyumbat dan mengganggu jalannya air” jelas Sutiaji.

“Kerugian material belum kami identifikasi, namun saya berharap agar Organisasi Perangkat Daerah terkait juga tetap waspada dan selalu memantau titik titik rawan bencana selama turun hujan deras di Kota Malang” tambahnya lagi.

Sutiaji juga menyampaikan rasa keprihatinannya atas bencana yang terjadi; karena Kota Malang yang terletak diatas permukaan air laut masih mengalami banjir dan tanah longsor. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment