Pembinaan Teknis Kemampuan Literasi Pengelola Perpustakaan

Malang – Dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis, Selasa 4 April 2017, bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang, Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang menggelar acara Pembinaan Teknis Peningkatan Kemampuan Literasi bagi Pengelola Perpustakaan Sekolah dalam Mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) .

Acara ini dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, Drs. Joko Yuwono M.si, Kepala Bidang Pelayanan dan Pengembangan, Dra. Latifah Hanum, Serta Para Pengelola Perpustakaan dan Guru SMP di Kota Malang. Adapun narasumber pada acara hari ini, Sokhibul Ansor, S.Sos, M.Hum dan Dwi Novita Ernaningsih, M.Hum.

Pembinaan ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara kemudian dilanjutkan Laporan yang disampaikan oleh Latifah Hanum dan disambung dengan sambutan dari Joko Yuwono yang sekaligus merupakan peresmian dibukanya Acara Pembinaan ini. Dalam sambutannya joko Yuwono menyampaikan mengenai pentingnya meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah yang melibatkan perpustakaan untuk membiasakan anak didik membaca selama 15 menit sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. “kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik” ujarnya.

Materi dari Pembinaan yang disampaiakan adalah Literasi lebih dari hanya sekedar membaca dan menulis, tetapi juga mencakup bagaimana seseorang dapat berkomunikasi. Adapun unsur-unsur penunjang pelaksanaan literasi informasi yaitu, koleksi perpustakaan yang bervariasi dan terkini, koleksi perpustakaan menunjang kurikulum sekolah, pengenalan perpustakaan seperti bimbingan pemakaian dan pengembangan program kolaborasi dengan guru kelas. (Db)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment