Upaya Disnaker Cetak Tenaga Kerja Terampil dan Kompeten

Malang – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Malang, terus berupaya menjalankan berbagai program untuk mencetak tenaga kerja yang kompeten, salah satunya memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dan Badan Latihan Kerja Luar Negeri (BLK-LN).

Bertempat di LPK Universitas Merdeka (Unmer), acara yang digelar oleh Disnaker itu dihadiri sebanyak 20 LPK/BLK-LN se Kota Malang dan digelar selama dua hari, yakni pada Rabu (29/3) dan Kamis (30/3).

Tujuannya, tak lain untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan para instruktur dalam mencetak tenaga kerja yang terampil dan kompeten.

“Dalam Bimtek itu kita beri metode TOT (Training of Trainer) serta FGD (Focus Discussion Grup),” kata Kepala Disnaker, Yudi K Ismawardhi.

Peningkatan kualitas LPK dan BLK-LN itu, akan disinkronkan dengan program pemagangan berbasis kompeten dengan konsep “Three in One” yang meliputi pelatihan, sertifikasi kompetensi dan magang kerja.

“Karena peran LPK selama ini masih dominan dalam melaksanakan program pelatihan untuk calon tenaga kerja informal,” imbuhnya.

Disnaker berharap dengan adanya peningkatan kompetensi instruktur dari LPK/BLK-LN, dapat meningkatkan kineja serta mampu berinovasi dalam menambah program pelatihan, sehingga tenaga kerja di Kota Malang memiliki kemampuan yang kompeten.

“Target utama Pemkot Malang melalui Disnaker adalah menurunkan angka pengangguran,” tandasnya. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment