Workshop Manajemen Pengelolaan Permodalan

Malang – (16/3) bertempat di Hotel Sahid Montana, Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang mengadakan acara Workshop Manajemen Pengelolaan Permodalan bagi pengurus koperasi. Acara yang diselenggarakan selama 2 hari 16-17 Maret, dihadiri sebanyak 60 orang yang merupakan anggota koperasi KSP, KSU, KPRI, dan Koperasi TNI. Acara ini digelar dalam rangka menjalankan program pengembangan koperasi dan peningkatan kemampuan manajerial dalam pengelolaan koperasi usaha.

Dalam sambutan pembukaan workshop Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, Dra. Tri Widyani Pangestuti, M.Si mengatakan bahwa pemerintah memberikan apresiasi sangat besar kepada koperasi karena dianggap sebagai wadah terbaik untuk pengembangan perekonomian Indonesia. Dengan mengikuti workshop ini diharapkan mampu menumbuhkan jiwa-jiwa gotong royong dalam pengembangan perekonomian khususnya di wilayah Kota Malang. Sehingga nantinya, koperasi tidak hanya bergerak dibidang simpan pinjam saja, namun mampu membuka unit usaha agar koperasi menjadi lebih besar.

Workshop ini menghadirkan 3 narasumber yang berasal dari UPT Diklat Koperasi dan UMKM provinsi Jawa Timur Drs. Teguh Mahir S., Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Jawa Timur Agus Winarto S.E, M.Si, dan Bank BNI.

Narasumber pertama, Drs. Teguh Mahir S. mengangkat tema Permodalan dan Pembagian SHU. Dalam materinya ia menyampaikan mengenai fungsi modal, cara mendapatkannya, dan bagaimana cara mengembangkannya. “Koperasi harus digerakkan, harus diisi, dan diberdayakan agar bermanfaat bagi anggota-anggotanya” tambahnya.

Narasumber kedua, Agus Winarto S.E, M.Si mengangkat tema Informasi Dana APBD dan dana bergulir melalui Dinas Koperasi dan UMKM provinsi JawaTimur. Agus mengatakan bahwa jumlah UMKM di Jawa Timur saat ini mencapai 6,8 Juta buah. Ia juga membahas strategi pembiayaan koperasi dan UMKM yang berlaku saat ini dibagi menjadi 5 yaitu, Koperasi sektor riil dan SP dan Usaha Menengah, Koperasi sektor riil dan SP dan UM, Koperasi sektor riil dan SP dan UMKM, Kop sektor riil dan SP dan UMKM, dan Koperasi Wanita. Sedangkan untuk narasumber ketiga berasal dari Bank BNI yang akan memberikan informasi pada workshop ini dihari kedua. (Sr/EM)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment