Seminar Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Dalam Proses Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Tahun 2017

Malang – Bertempat di Hotel savana Malang pada hari Rabu (8/3) telah dilaksanakan Seminar Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Dalam Proses Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Tahun 2017. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Malang, H. Moch Anton dengan didampingi oleh Kepala Kejaksaan Negeri Malang, Purwanto Joko Irianto.

Saat ini korupsi sudah menjadi issu internasional dan merupakan ancaman bagi kemajuan ekonomi dan pengembangan sdm di seluruh negara. Laporan dari beberapa organisasi internasional seperti bank dunia, pbb, transparansi internasional maupun adb menunjukkan bahwa korupsi yang terjadi di negara berkembang seperti indonesia lebih tinggi jika dibandingkan negara-negara maju.

Kpk menyatakan, kasus korupsi yang paling banyak terjadi terkait dengan pengadaan barang dan jasa. Dari 468 kasus tindak pidana korupsi yang ditangani kpk, 50 persen atau sedikitnya 224 kasus berasal dari pengadaan barang dan jasa. Selebihnya merupakan kesalahan dalam menggunakan anggaran.

Abah Anton (red. sapaan Walikota Malang) menyatakan bahwa perlu sebuah upaya pencegahan agar tidak terjadi penyimpangan- penyimpangan yang berindikasi pada tindak pidana korupsi.

“Oleh karenanya, kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini, saya harap mampu memberikan pemahaman dan pengertian kepada pengguna anggaran/ kuasa pengguna anggaran terkait berbagai permasalahan yang sering timbul dalam setiap tahapan proses pengadaan barang dan jasa, mulai dari perencanaan, proses pemilihan penyedia hingga pelaksanaan pekerjaan” jelasnya.

“Sekaligus memberikan motivasi atau dukungan kepada pemangku kepentingan khususnya PA/KPA agar lebih mengedepankan pencegahan tindak pidana korupsi, sehingga dapat mendorong terwujudnya prinsip-prinsip pengadaan barang/jasa yang efisien, efektif, terbuka dan bersaing, transparan, adil/tidak diskriminatif serta akuntabel yang nantinya berujung pada terciptanya good governance dan clean government di kota malang” tegas Abah kemudian.

Acara yang diadakan oleh Bagian Layanan Pengadaan Barang/Jasa itu mengambil pemateri dari Kejaksaan Negeri Malang. (Ts)

atured
humas ko

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment