Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat Menimba Ilmu di Kota Malang

MALANG – Wali Kota Malang, H. Moch Anton, Rabu (8/2) menerima secara langsung kunjugan kerja Bupati Pesisir Barat, AgusĀ  Istiqlal beserta jajarannya, di ruang sidang Balai Kota Malang.

Kunjungan kerja itu dilakukan, karena pemerintah daerah Pesisir Barat ingin mengadopsi beberapa program yang sudah sukses dijalankan Kota Malang.

Wali Kota Malang, H. Moch Anton, dalam sambutannya menjelaskan, jika Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Berbagai pembangunan sudah dilakukan pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kehadiran Kampung Warna-warni, Kampung Glintung go Green (3G), Kampung Tridi serta kampung tematik lainnya merupakan upaya Pemkot Malang untuk merealisasikan model ‘bottom up’ yakni mengapresiasi usulan masyarakat untuk dijadikan sebuah kebijakan.

Bukan itu saja, pembangunan Kota Malang seperti pemugaran taman selama ini juga ditopang dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) sehingga tidak membebani APBD.

“”Bahkan Kota Malang telah bekerjasama dengan Korea demi mewujudkannya “super city” kata wali kota yang akrab disapa Abah Anton tersebut.

Selain itu, Abah Anton juga membeberkan jurus pengelolaan sampah melalui program Bank Sampah dan juga program pendukung lainnya. Kesuksesan Kota Malang dalamĀ  mengolah sampah itulah yang membuat penghargaan Adipura selalu diraih setiap tahunnya.

“Selain masalah sampah, Kota Malang saat ini juga sedang mengembangkan master plan untuk pembangunan 20 tahun mendatang,” imbuhnya.

Dalam bidang lalu lintas, Kota Malang juga sudah menyabet penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Karena itu, inovasi dan terobosan terus dilakukan pemerintah dalam mengurai kemacetan, salah satunya dengan penandatangan kesepahaman dengan pihak lain untuk pembangunan Monorel.

“Karena itulah pemerintah terus melakukan inovasi dan terobosan agar pembangunan bisa berjalan dengan baik,” ungkap Abah Anton.

Sementara itu, Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, menyampaikan kekagumannya akan perkembangan di Kota Malang. Bahkan, beberapa yang sukses akan diadopsi untuk dikembangkan di daerahnya.

Usai diterima Wali Kota Malang di ruang sidang Balai Kota, rombongan tersebut langsung menuju ke PKK Corner untuk melihat beberapa program dan inovasi yang selama ini dikembangkan PKK.

Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Farida Dewi Suryani, berkesempatan langsung mendampingi rombongan yang dipimpin Bupati Ahmad Istiqlal dan istri yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Pesisir, Hj. Septi Istiqlal. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Febuari 2016

Leave a Comment